Melatih Kordinasi Kemampuan Sensorik dan Motorik Anak melalui Permainan

Perkembangan yang dialami oleh anak – anak dalam masa pertumbuhan emasnya mencakup semua aspek. Salah satunya menyangkut aspek kemampuan sensorik dan motoriknya, dimana kedua kemampuan ini harus berjalan secara beriringan.

Berbicara mengenai kemampuan sensorik dan motorik anak ini sebenarnya akan dapat berkembang dengan sendirinya berdasarkan pengalaman si anak sendiri. Namun Andapun sebenarnya bisa melatihnya agar berkembang lebih optimal. Bagaimana caranya? Mudah! Bahkan dengan mengajaknya bermain pun itu sudah akan mampu melatih kemampuan sensorik dan motorik anak.

olah raga

Berikut ini beberapa permainan yang akan melatih kemampuan sensorik dan motorik anak:

  • Permainan lempar tangkap bola

Permainan ini sangat mudah dilakukan, Anda hanya butuh sebuah bola untuk melakukan permainan ini. Secara bergiliran ajaklah anak Anda untuk menangkap dan melemparkan bola. Permainan ini dapat melatih koordinasi kemampuan sensorik ketika anak melihat bola datang menghampirinya serta kemampuan motorik ketika ia harus menangkap bola sebelum mengenai tubuhnya. Nah supaya lebih seru, Anda pun bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk bergabung dalam permainan ini.

  • Permainan senam irama

Untuk permaianan kedua ini selain mampu melatih kemampuan sensorik dan motorik anak, juga dapat menyehatkannya. Caranya ajak anak untuk melakukan gerakan – gerakan senam sederhana sesuai dengan irama musik yang Anda putar. Permainan ini akan melatih sensorik anak melalui pendengaran serta motorik anak yang diwujudkan dengan gerakan senam.

author