Melihat Peran Keluarga dan Masyarakat dalam Pendidikan

Peran keluarga dan masyarakat dalam pendidikan dapat kita katakan sangat penting. Kedua kelompok ini menjadi tempat pembelajaran bagi semua pihak mengenai pentingnya pendidikan. Kedua kelompok ini harus saling bekerja sama untuk menciptakan pendidikan yang baik bagi semua pihak. Harus ada sinergi antara kedua kelompok untuk mensukseskan pendidikan bagi semua pihak. Kedua elemen ini harus saling mendukung untuk menciptakan lingkungan yang dapat mendorong majunya sistem pendidikan.

Keluarga dan masyarakat berperan penting menyediakan lingkungan yang kondusif bagi terciptanya sistem pendidikan yang efektif. Dalam pendidikan kedua tempat ini menjadi lingkungan terkecil untuk bersosialisasi. Keluarga dan masyarakat memegang peranan penting dalam pembentukan karakter individu. Setiap individu akan menyerap dari lingkungan terkecil mereka dalam hal ini keluarga dan masyarakat. Lingkungan terdekat yang kondusif akan mampu mendukung daya cipta dan kreasi seseorang untuk bekembang dengan baik. Hal ini akan mampu menciptakan pendidikan yang efektif bagi individu yang ada.

Ketika kita ingin menciptakan generasi penerus bangsa yang baik, alangkah baiknya semua pihak terlibat dalam hal ini. Tidak hanya lingkugan keluarganya semata, namun juga masyarakat harus ikut menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mendukung sistem pendidikan. Sikap dan tingkah laku yang baik tentunya dapat meningkatkan kemampuan individu agar lebih baik kedepannya. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa Peran keluarga dan masyarakat dalam pendidikan adalah penting dan harus ada sinergi antar keduanya.

author