Memahami Gejala dan Panduan Penanganan Infeksi Kulit Bokong Bayi

Kulit bokong bayi yang baru lahir memang masih sangat sensitive sehingga mudah terserang infeksi atau iritasi. Terlebih jika kondisi kebersihan dan kesehatan bayi kurang terjaga, misalnya pemakaian popok yang terlalu lembab atau basah dan tak kunjung diganti. Hal seperti ini tentu akan sangat berpotensi menimbulkan iritasi berupa bintil – bintil merah atau ruam yang dapat memicu terjadinya infeksi kulit.

bokong bayi

Masalah ini tentu tak boleh dianggap remeh dan hendaknya harus segera diatasi. Untuk itu bagi setiap ibu tentunya penting untuk dapat mengetahui gejal yang ditimbulkan oleh masalah ini. Berikut gejala umum pada infeksi kulit bokong bayi:

  • Terdapat ruam atau bintil – bintil berwarna merah agak terang pada bagian bokong hingga lipatan paha.
  • Jika diraba ruam akan terasa bengkak dan sedikit panas.
  • Ruam biasanya menimbulkan rasa sakit atau perih bahkan dapat bernanah sehingga bayi sering rewel.

Nah jika Anda mendapati si kecil mengalami berbagai gejala diatas berikut yang dapat segera Anda lakukan sebagai langkah penanganan:

  • Hindari untuk menggaruk atau menggosok kulit yang ruam. Jika hendak membersihkan bokong bayi Anda kukup mengalirkan air hangat pada bokong bayi kemudian tepuk – tepuk lembut secara perlahan.
  • Gunakan popok bayi yang berbahan lembut dan aman bagi kulit bayi. Usahakan untuk selalu mengganti popok bayi ketika basah. Selain itu hindari memakaikan popok yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat.
  • Segera bawa si kecil ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
author