Memahami Perkembangan Kecerdasan Anak Usia 2 Tahun

Anak usia 2 tahun tengah memasuki babak baru dalam tahapan perkembangannya. Setelah melewati masa bayi selama kurang lebih 2 tahun, kini si kecil telah memasuki masa kanak – kanak awal, dimana masa ini akan menjadi sangat penting dan berpengaruh pada perkembangan anak ke depannya.

Ketika memasuki usia 2 tahun, umumnya anak akan mulai memperlihatkan perkembangan yang cukup signifikan pada berbagai aspek, tak terkecuali pada aspek kognitif atau kecerdasasn. Meskipun pada tahap ini anak belum mampu berfikir secara matang, namum perkembangannya sangat nampak.

kognitif

Untuk mengetahui bagaimana normalnya perkembangan kecerdasan anak usia 2 tahun, berikut ulasan mengenai karakteristik berfikir anak pada usia 2 tahun:

  • Berfikir egosentris

Berfikir egosentris pada anak ini dapat diartikan bahwa cara berfikirnya masih satu arah, yaitu ketika ia menganggap suatu hal benar maka ia akan melakukannya tanpa menghiraukan orang lain.

  • Berfikir imitasi

Imitasi disini artinya menirukan, seorang anak cenderung memiliki sifat menirukan apa saja yang ia lihat dari orang disekitanya, baik itu perkataan maupun perbuatan.

  • Kemampuan bahasa yang lebih sistematis

Artinya pada usia ini seorang anak dapat mengucapkan sebuah kalimat lengkap yang sudah tersusun sistematis, sehingga lebih mudah dipahami maksudnya.

  • Befikir simbolik

Anak usia 2 tahun akan mulai belajar mengenali dan memahami symbol , termasuk symbol diri. Umumnya anak mulai sadar bahwa perilaku tertentu yang ia lakukan akan memancing perhatian orang disekitarnya.

author