Memahami Tujuan Posyandu

No comment 695 views

Sudahkah membawa anak Anda ke posyandu? Sudahkah Bunda juga memeriksakan diri dan berkonsultasi di posyandu? Apakah posyandu itu? Mendengar kata posyandu mungkin semua Ibu sudah mengetahuinya, yaitu tempat menimbangkan bayi. Namun sebenarnya posyandu bukan hanya untuk bayi dan anak-anak saja. Departemen Kesehatan RI (2006) posyandu sebagai mendefinisikan wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait.

Dari definisi posyandu diatas, maka posyandu merupakan hal yang penting untuk tetap menjaga kesehatan Ibu dan bayi. Posyandu biasanya dilakukan berkala, biasanya sebulan sekali. Kegiatan yang dilakukan di posyandu antara lain, pemeriksaan kesehatan balita, penimbangan balita, pemberian imunisasi, gizi, KIA, pencegahan diare, pemeriksaan Ibu, dans ebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut dimaksudkan agar mencapai tujuan posyandu. Tujuan posyandu menurut Bagian Kependudukan dan Biostatistik FKM USU (2007) adalah sebagai berikut:

  • Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.
  • Membudayakan NKBS
  • Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
  • Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera. 

    jadwal imunisasi

Dengan mengetahui pentingnya tujuannya, maka jangan ragu lagi untuk membawa balita secara rutin ke posyandu. Mungkin Anda kebingungan mengenai tata caranya? Simaklah tata cara posyandu berikut!

Tags:
author