Membangun Kedekatan Ibu dan Anak Sejak Dini

No comment 678 views

Keluarga, merupakan bagian kecil dari lembaga sosial yang sangat berperan besar selama anak dalam masa perkembangan. Pendidikan hingga pembentukan karakter serta kepribadiannya berawal dari keluarga. Dan salah satu pribadi yang begitu dominan adalah peranan ibu dimana si kecil tidak akan pernah terlepas dari sentuhan ibu.

Itu sebabnya, membangun kedekatan ibu dan anak sebaiknya dilakukan sejak dini sebelum seuanya terlambat. Tidak sedikit kita mendengar bahkan menyaksikan tingkah polah anak yang nakal hanya karena kurang mendapat perhatian dari orang tua terutama ibu. Satu hal yang tidak diinginkan bukan? Lantas, manfaat apa yang diberikan jika hubungan emosional dapat terbentuk dengan kuat?

Kedekatan Ibu dan Anak Pengaruhi Keberhasilan Masa Depan

kedekatan ibu dan anakKasih sayang serta perhatian penuh yang diberikan sejak anak baru lahir hingga di masa perkembangannya, sangat berdampak pada kondisi psikis dan otak. Begitu juga dengan mental, kepribadian serta sifat akan jelas mempengaruhi masa depannya. Melalui ibulah mereka memahami norma serta etika yang harus dilakukan sepanjang mereka beranjak dewasa.

Artinya, sebelum mereka berhadapan dengan kondisi lingkungan yang pastinya membuat rasa khawatir dan terkejut, anak sudah dipersiapkan dengan segala kemungkinan tersebut. Pendidikan agama adalah salah satunya guna mengantisipasi segala tindakan yang akhir-akhir justru memperhatinkan.

Tindakan Apa Yang Harus Dilakukan Sejak Kecil?

Sebagai langkah awal, anak bisa tidur di dalam pelukan ibu karena tidak ada hal yang lebih menenangkan dibandingkan dengan hal tersebut. Dekaplah si kecil di dada sesering mungkin guna mengajarkannya untuk memahami bahwa pelukan ibulah yang membuat segalanya terasa nyaman.

Di era serba teknologi canggih, tidak ada salahnya jika segala perkembangan si kecil direkam dengan menggunakan alat khusus. Apakah itu kata-kata pertama yang ia ucapkan hingga tumbuhnya gigi seri. Nah, di usia tertentu ibu bisa melihat itu semua dengan dia saat usianya sudah memahami dengan baik.

Jangan pernah malas atau terkesan mengabaikan metode ini karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Apalagi, kedekatan ibu dan anak memegang peranan yang sangat penting.

author