Membangun Keluarga Rukun tanpa Cekcok

Sebuah keluarga akan berjalan penuh kebahagiaan mana kala setiap anggota keluarganya dapat hidup rukun tanpa perselisihan. Yap dengan kondisi seperti ini sudah barang tentu keluarga tersebut akan dinaungi dengan keharmonisan dan ketenangan hidup.

Sayangnya, tidak semua keluarga beruntung dan dapat merasakan keharmonisan dan kebahagiaan tersebut. Tidak sedikit keluarga yang justru harus hidup dalam suasana yang memprihatinka dengan percekcokan atau perselisihan yang hampir setiap hari terjadi. Pemicunya tidak lain adalah permasalahan keluarga, dari yang sepele hingga yang serius.

Memang tidak ada keluarga yang bebas dari masalah. Namun menghadapi setiap permasalahan dengan perselisihan tentu juga bukan solusi terbaik. Pasalnya hal ini justru hanya akan menyebabkan perpecahan yang akan semakin menjauhkan kebahagiaan hidup.

Nah untuk itu perlu adanya menajemen permasalahan keluarga yang baik, sehingga akan terbentuk keluarga yang rukun tanpa perselisihan. Namun, bagaimana caranya?

harmonis

Tips Membangun Keluarga Rukun Tanpa Perselisihan

  • Selesaikan masalah kecil

Jangan pernah anggap remeh masalah kecil, karena berawal dari yang kecil inilah permasalahan besar akan muncul. Untuk itu setiap kali masalah sekecil apapun muncul dalam keluarga Anda, segera selesaika sampai tuntas. Dengan demikian potensi munculnya masalah besar bisa sedikit dikurangi. Hal inilah yang akan membantu Anda dalam membangun keluarga yang rukun nan harmonis.

  • Tumbuhkan rasa saling percaya

Kepercayaan antar pasangan menjadi dasar yang kuat sebuah keluarga akan terbangun. Dengan adanya lAndasan saling percaya ini setiap masalah yang mungkin timbul akan lebih mudah diselesaikan. Dengan demikian masalah yang besar bisa dikecilkan dan masalah kecil bisa dihilangkan. Dan artina keluarga Anda akan selalu dinaungi dengan kerukunan.

  • Selalu utamakan musyawarah

Dalam keluarga atau rumah tangga, suami – istri adalah satu bukan sendiri – sendiri lagi. Artinya setiap kali ada masalah yang muncul itu artinya adalah masalah bersama. Maka dari itu penting adanya musyawarah untuk menyelesaikan setiap masalah. Jangan sampai dalam membangun rumah tangga antara istri dan suami saling tertutup.

author