Memfasilitasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak-Anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak-anak merupakan sebuah hal yang harus difasilitasi dengan baik. Hal ini menjadi sangat penting karena anak merupakan investasi masa depan dan sebuah elemen berharga di dalam keluarga. Orang tua sebagai pendidik terdekat anak harus melimpahkan kasih saying moral dan fisik agar anak tumbuh menjadi pribadi yang cemerlang nantinya. Menurut kami, ada beberapa hal yang bisa orang tua lakukan dalam rangka memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Berikut beberapa hal tersebut.

Memberikan nutrisi lengkap

Salah satu hal yang amat penting di dalam pertumbuhan anak adalah makanan. Melalui makanan sehat dan bergizi setiap hari, anak mampu beraktivitas dengan baik, belajar dengan sempurna, dan bisa berpeluang memperoleh prestasi tinggi dalam sisi akademik serta non akademik.

Nutrisi lengkap yang diberikan kepada anak juga tidak harus mahal. Anda bisa memberikan tempe, tahu, telur, nasi putih, dan beragam sayuran yang tentu saja semuanya masih dalam taraf yang terjangkau bukan?

Meluangkan waktu untuk memonitor anak

Jangan biarkan pekerjaan anda menjauhkan hubungan dengan anak. karena jauhnya jarak antara anda dan anak akan membuat situasi menjadi buruk. Anak tidak akan menuruti apa kata anda, bahkan ia cenderung enggan untuk mengobrol atau mendiskusikan sesuatu hal kepada anda.

Untuk itu, amat disarankan bagi anda untuk meluangkan waktu yang berkualitas kepada anak sehingga hubungan anda dan anak menjadi sangat baik.

Menciptakan suasana harmonis terhadap keluarga

Untuk menemukan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak yang baik, maka harmoniskan keluarga anda. jangan biarkan mental dan psikis anak terganggu ketika anda sedang berdebat dengan suami/istri. Usahakan untuk menyembunyikan pertengkaran tersebut dan menghindarkan anak untuk mengetahui sedikitpun.

Memberikan kebebasan minat

Banyak orang tua yang memaksakan anak untuk berbuat hal yang ia inginkan. Sebagai contoh, anak dipaksa untuk meraih nilai matematika tinggi namun sejatinya anak tersebut berbakat dalam olahraga dan ia tidak menyukai matematika. Akibatnya, anak merasa terkekang, stress, dan mencari pelarian dalam kehidupannya. Ketahui minat anak dan dukunglah minat serta bakatnya selama itu positif.

Itulah beberapa cara memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

author