Memilih Buku Cerita Untuk Anak

No comment 629 views

Anak-anak biasanya sudah gemar membaca buku cerita anak pada usia 5 tahun keatas, mereka sudah dapat memberi nilai sebuah buku apakah buku yang ia baca bagus atau tidak. Lalu, jenis cerita apa saja yang digemari anak-anak?Karakter simpatik, alur cerita yang runtut, dan klimaks cerita yang jelas adalah jenis kisah yang mereka sukai, mereka juga menyukai cerita yang menarik dan enak untuk dibaca.

Buku cerita anak

Contoh Buku Cerita Anak

Anak-anak diatas lima tahun yang hobi membaca buku cerita anak juga menyukai cerita yang ada gambarnya, gambar tersebut akan memperkuat cerita imajinasi yang ia baca. Manfaat cerita bagi anak banyak sekali. Selain menambah perkembangan intelektual, cerita juga dapat merangsang imajinasi si kecil untuk terus perkembang.

Anak-anak mulai menguji kepekekaannya serta rasa ingin tahu yang tinggi dengan mulai membaca cerita. Tak heran jika cerita realita akan dipilih si kecil.

Secara bersamaan, cerita lain seperti cerita rakyat, cerita legenda dan cerita dongeng juga digemarinya. Alam fantasi dengan mudahnya dicapai anak-anak jika mereka membaca cerita semacam ini, apalagi cerita semacam ini menggunakan bahasa yang mudah dicerna dan juga akhir cerita yang dapat dimengerti anak-anak, sesuai pemahaman anak-anak.

Spesial untuk cerita-cerita dongeng, tidak sedikit orang yang menyangsikan nilai-nilai yang terdapat di dalamnya. Beberapa orang menilai cerita-cerita ini membawa nilai-nilai kuno yang tidak lagi relevan di zaman saat ini. Tetapi, beberapa pakar memiliki pendapat, cerita-cerita yang dinilai kuno bisa juga berikan peran positif pada anak untuk menangani persoalan keseharian, terlebih saat anak mengidentifikasikan dirinya sendiri pada tokoh baik serta bermoral dalam cerita anak itu.

Buku cerita anak dapat memberikan nilai positif untuk anak itu sendiri. Selain menambah wawasan, dengan membaca buku anak juga dapat mengisi waktu luangnya dengan hal yang bermanfaat. Daripada ia bermain game komputer atau smartphone yang mengganggu aktivitas, merusak mata dan hubungan sosial dengan teman-temannya, lebih baik anak dibelikan buku cerita anak atau diajak ke perpustakaan terdekat untuk membaca buku cerita.

Sekian tentang Memilih Buku Cerita Untuk Anak

author