Memilih Jenis Makanan untuk Anak Ikan KOI

No comment 2721 views

Pemberian pakan pada anak ikan KOI harus benar – benar diperhatikan. Anda tidak boleh sebarangan untuk masalah ini, karena apa yang anda berikan akan bepengaruh pada pertumbuhannya.

Pemberian pakan pada ikan KOI anakan harus memperhatikan umur dan ukuran ikan. Pada umur 1-3 hari (baru menetas), anda belum perlu memberinya makanan jenis apapun. Anak ikan KOI usia ini masih mempunyai cadangan makanan yang disebut ‘egg yolk’. Baru setelah menginjak umur 3 hari, berikan makanan untuknya. Apa jenis makanan yang tepat untuk anak ikan KOI?

anak ikan koi

Pakan anakan ikan KOI sesuai ukuran

Untuk anak ikan KOI berukuran 1 – 1,5 cm, anda dapat memberinya makanan dari jenis organisme kecil yang hidup di air. Misalnya kutu air, alga, dan ganggang. Namun karena ukuran anak ikan yang masih kecil disarankan untuk menyaring terlebih dulu makanan yang akan diberikan.

Untuk anak ikan KOI berukuran 1,5 – 5 cm, anda sudah mulai bisa memberikan pakan buatan selain juga pakan alami dari microorganisme. Pakan buatan yang dimaksud dapat berupa pelet berukuran 250 mikron atau pelet yang kecil.

Untuk anak ikan KOI berukuran lebih dari 5 cm, anda sudah dapat memberinya pelet berukuran 1-2 mm atau pelet besar. Pemberian pelet ini akan membantu mempercepat pertumbuhan anak ikan KOI karena mengandung protein yang tinggi.

author