Memilih Makanan yang Tepat ketika Anak Mengalami Diare

Diare adalah salah satu jenis gangguan kesehatn yang paling sering menerpa bayi dan balita. Terlebih pada bayi yang tengah memasuki usia 6 bulan dan mulai mendapatkan makanan pendamping asi (mp asi). Pada bayi yang baru mengenal mp asi masalah diare ini dapat dimaklumi, pasalnya sebelumnya bayi belum terbiasa dengan bahan makanan lain selain asi sehingga ia membutuhkan masa adaptasi. Sementara untk anak balita diare umumnya lebib disebabkan karena adanya racun yang terserap oleh tubuh melalui makanan.

Diare pada balita tentu tak boleh dipandang sebelah mata atau dianggap remeh, karena jika tak segera di tangani dengan benar masalah ini dapat menyebabkan masalah lain yang lebih serius. Untuk itu ketika si kecil mengalami diare ada baiknya anda bersegera membawanya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

diare

Berbicara mengenai upaya mengatasi diare pada anak, ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan selain pemberian obat. Salah satunya adalah faktor makanan. Ingatlah penyebab utama diare datang dari makanan, untuk itu berhati – hatilah dan perhatikan betul masalah makanan bagi anak yang tengah mengalami diare.

Untuk anak yang tengah mengalami diare usahakan untuk memberikan makanan yang mudah dicerna, tidak terlalu asam dan tidak terlalu pedas. Usahakan pula untuk memberikan makanan yang memiliki kandungan pectin yang cukup tinggi seperti apel, kentang, dan apricot. Kandungan pectin dalam jenis makanan tersebut akan membatu proses penyerapan air dalam sistem pencernaan sehingga dapat membentu menormalkan kondisi fases dan menghentikan diare.

Selain itu hindari pula pemberian makan yang mengandung lemak tinggi seperti santan, es creanm, dan coklat. Pasalnya makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih berpotensi semakin memperburuk kondisi pencernaannya.

author