Memilih Obat Mual untuk Ibu Hamil Yang Dapat Dikonsumsi

Wanita hamil memang harus bersiap dengan segala keluhan yang terjadi seperti mual dan muntah. Untuk gejala ini terkadang merepotkan dan bisa-bisa menguras tenaga sehingga menghambat untuk beraktifitas. Adapun gejala ini biasa terjadi pada usia kehamilan trimester pertama yang sangat beresiko kepada keguguran bila tidak diberi perawatan yang tepat.

Adalah hal yang wajar jika mual saat hamil dikarenakan terjadi perubahan hormon sehingga mau tidak mau membuat indera penciuman pun sangat sensitif terhadadap segala hal. Meskipun gejala ini bisa hilang saat memasuki usia kehamilan pada trimester kedua dan ketiga, namun bukan berarti diabaikan begitu saja karena dikhawatirkan janin akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkan. Untuk itu, memilih obat mual untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi secara aman adalah langkah yang tepat.

Obat Mual untuk Ibu Hamil : Waspadai Efek Samping

obat mual untuk ibu hamilSaat ini, ibu hamil dengan mudah menemukan obat mual untuk ibu hamil yang dijual secara bebas di berbagai lokasi. Tentu, kemudahan yang diberikan ini tidak serta merta dapat dikonsumsi dengan aman mengingat ada kandungan yang mungkin berbahaya bagi perkembangan janin. Ingat, di usia kehamilan yang terbilang muda ini, alangkah baiknya jika segala jenis makanan atau obat yang digunakan atas petunjuk dokter.

Adanya mitos yang berkembang di masyarakat bahwa obat untuk ibu hamil sangat beresiko kepada kondisi bayi nantinya adalah tidak benar. Hal ini dibuktikan secara penelitian medis yang dilakukan oleh salah satu lembaga kesehatan di Denmark, mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara obat anti mual dengan kelainan bawaan seperti keguguran, bibir sumbing hingga kematian.

Hilangkan Mual Secara Alami

Meskipun demikian, tetap disarankan bagi ibu hamil untuk tidak mengandalkan obat sebagai rasa penghilang mual. Ada upaya alami yang dapat dilakukan seperti mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil. Bisa juga dengan memilih karbohidrat kompleks dan minum air putih secukupnya agar tidak mengalami dehidrasi.

Menyimpan jahe? Gunakan bahan dapur tersebut untuk membuat minuman jahe untuk mengurangi rasa mual. Cara ini dikenal cukup ampuh sebagai obat mual untuk ibu hamil dan aman dikonsumsi untuk ibu dan janin.

author