Memilih Permainan Anak Bayi yang Tepat

No comment 650 views

Mainan jadi salah satu diantara wujud stimulasi untuk anak. Berikan mainan yang pas untuk membantu mengoptimalkan rangsangan untuk kecerdasan anak. Sayangnya, sedikit orangtua yang mengerti bagaimana menentukan mainan yang pas untuk buah hatinya. Apalagi saat anak masih bayi, sangat sulit bagi orang tua menentukan Permainan Anak Bayi.

Permainan anak bayi

Menurut dokter spesialis anak dr. Atilla Dewanti Sp. A (K), penentuan mainan tergantung pada kekuatan dan keperluan anak. Atilla menyarankan beberapa orang tua untuk memilihkan mainan menurut umur anak.

Pada saat anak berumur 0-3 bulan, orangtua dianjurkan untuk menentukan mainan yang berwarna cerah, datar, serta merangsang kegiatan motorik. Hal semacam ini dikarenakan mata anak usia 0-3 bulan belum dapat melihat secara jelas. Pilihan warna yang cerah akan merangsang penglihatan serta membantunya melihat mainan dengan lebih jelas.

Beranjak ke umur 6 bulan, mainan yang dapat digigit (teethers) bisa jadi pilihan. Mainan ini bertujuan untuk merangsang perkembangan giginya. Orangtua dapat juga menentukan mainan dengan tombol yang dapat ditekan atau mainan yang bertekstur untuk merangsang aktivitas motoriknya. Pada umur ini, anak mulai sukai mandi. Orangtua dapat memberikannya mainan yang dapat mengapung untuk menemani kesibukan itu. Contohnya adalah bola ber warna-warni dan mainan bebek-bebekan yang dapat menemani buah hati Anda saat sedang mandi.

Masuk ke umur 6-9 bulan anak dapat diberi mainan yang dapat bergulir, untuk merangsang kekuatan motoriknya. Contohnya bola, mobil-mobilan dan lain-lain. Pada umur 9-12 mainan yang merangsang anak untuk berinteraksi, boneka tangan bisa jadi pilihan. Melewati permainan anak bayi, anak diajak berkomunikasi yang akan merangsang kemampuannya berbahasa serta mengekspresikan diri.

Mainan outdoor bisa menjadi pilihan bagi para orang tua untuk buah hatinya yang sudah berusia satu tahun. Contohnya ada kolam renang mini, bisa juga menggunakan kuda tunggang. Mainan seperti menara susun atau organ kecil juga dapat merangsang koordinasi tangan si buah hati.

Untuk permainan anak bayi sendiri, kami sarankan 5 macam permainan.

1. Bermain Cilukba

2. Bermain rattle

3. Bermain gebuk drum

4. Bermain bola

5. Bermain telepon mainan

Sekian, semoga bunda tidak salah lagi dalam memilih permainan untuk anak bayi.

author