Memilih Tayangan TV Untuk Anak

No comment 1787 views

Acara televisi, semakin hari semakin bermacam-macam wujudnya. Dunia hiburan seakan menjadi peramai seluruh stasiun Tv di Indonesia maupun di mancanegara. Dengan bermacam-macam tayangan TV ini, pekerjaan orang tua semakin bertambah. Orang tua selayaknya mengawasi tontonan TV anak agar anak tidak melihat hal-hal yang tidak sepantasnya mereka saksikan.

Tontonan televisi terutama di Indonesia semakin hari mengalami penurunan kualitas. Acara-acara televisi untuk anak porsinya semakin berkurang. Televisi seakan dihiasi oleh acara-acara remaja dan dewasa yang terkadang kurang mendidik. Contohnya saja acara lawakan yang memperagakan gerakan-gerakan porno aksi, bercandaan yang jorok, serta adegan saling ejek antar pemain yang justru menjadikan orang tertawa.

Selain lawakan, banyak juga acara sinetron yang justru menonjolkan hal-hal yang kurang mendidik. Contohnya adalah sinetron cinta remaja, yang justru mengajarkan anak-anak dan remaja meniru gaya pacaran. Sinetron pertentangan, berebut suami, dan juga berebut warisan yang terkadang lebih mengekspos sisi jahatnya daripada nilai-nilai kebaikan dan kesabaran dari aktris protagonisnya.

TV

Jika orang tua tidak mengawasi tontonan anak, anak akan terjerumus untuk menirukan hal-hal buruk yang ditayangkan di televisi. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena menurut penelitian Albert Bandura terhadap anak yang ditayangkan berbagai tayangan mem[perlakukan boneka Bobo, anak yang melihat boneka bobo dipukuli akan menirukannya dengan lebih agresif daripada yang tidak. Oleh karena itu, orang tua perlu mempelajari cara-cara danb jenis-jenis tayangan televisi yang baik untuk anak.

 

author