Menanamkan Keimanan Anak dengan Membiasakan Sholat

Setiap warga indonesia diwajibkan untuk memeluk salah satu agama. Agama biasanya diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Agama mayoritas yang dipeluk oleh orang indonesia adalah Islam. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu taat beribadah salah satunya dengan sholat. Sholat ini wajibnya sehari lima kali. Kebiasaan sholat bukan sesuatu yang instan, namun perlu diajarkan dan terus dipupuk.

Lalu bagaimana untuk membiasakan anak sholat?Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita mempelajari psikologi anak usia dini. Anak-anak usia dini (balita) suka sekali menirukan apa yang dilakukan oleh orang dewasa disekitarnya, serta masih banyak lagi psikologi anak usia dini. Nah, dari satu kalimat tersebut tentu Bunda tahu apa yang harus dilakukan bukan? Untuk lebih jelasnya, berikut akan diuraikan tips membiasakan anak sholat:

  1. Orang tua rajin menjalankan sholat

Seperti paparan diatas, anak adalah suka meniru. Oleh karena itu, orang dewasa harus mencontohkan, termasuk mencontohkan untuk sholat. Diutamakan sholat tepat waktu. Karena dengan begitu akn terkonsep di benak anak, jika ada adzan terdengar berarti harus segera sholat.

  1. Mengajak anak ke masjid

Dengan membiasakan anak ke masjid atau pengajian anak pun akan menirukan hal tersebut kelak. Ingatlah pepatah bahwa jika kita berteman dengan penjual minyak wangi, tentu akan ikut wangi juga. Sama hal nya dengan sering membawa ke masjid dan pengajian ini.

  1. Memasukkan anak di TPA

Di TPA anak-anak akan menemukan teman sebayanya serta melakuakn aktivitas bersama mereka. Hal ini sangat baik untuk kecerdasan sosial mereka. Di tempat ini anak-anak juga akan diajarkan gurunya untuk membaca Iqra’ dan belajar sholat melalui cara-cara yang menyenangkan.

  1. Memasukkan anak ke PAUD atau TK Islami

Dalam PAUD atau TK Islam sudah ada muatan tertentu untuk mengajarkan agama Islam. Sehingga sebagai tiang agama, Sholat sudah sewajarnya akan diajarkan di sana.

author