Menanamkan Sikap Cinta Lingkungan Di Kebun Kelurga

Ketika anak sudah menginjak usia 2 tahun, mereka sudah paham mekanisme melakukan sesuatu sederhana beserta tujuannya. Pada usia ini anak suka menirukan kebiasaan-kebiasaan yang lazim ada di lingkungannya. Usia ini adalah usia anak bermain, mereka akan lebih sering keluar daripada berdiam di dalam rumah.

Masa pertumbuhan dengan psikologis seperti inilah yang sebenarnya cocok untuk menanamkan karakter baik untuk anak. Salah satu yang sangat dibutuhkan oleh bumi kita adalah sikap mencintai lingkungan. Sifat cinta lingkungan bukan hal yang datang begitu saja. Tentu saja untuk mecapai tujuan tersebut perlu langkah-langkah dan pembiasaan cinta lingkungan sejak dini.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan dalam diri anak. Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak berkebun. Sambil berkenun, Anda dapat mengajari anak mengenai pengertian-pengertian sederhana. Misalkan tanaman ini yang menciptakan oksigen untuk kita, sehingga kita harus merawatnya, dan sebagainya.

anggur

Melalui berkebun, anak juga akan melakukan eksplorasi serta memperoleh temuan-temuan baru yang akan mengembangkan pengetahuannya. Selain itu, secara tidak langsung anak telah belajar bercocok tanam yang merupakan skill yang dibutuhkan saat ini. Kegiatan ini juga mampu menstimulus rasa ingin tahu anak sekaligus jawaban atas keingintahuannya.

Berkebun bersama anak ini dapat dilakukan sore hari, dengan menanam sederhana saja. Buah dan sayur sangat cocok ditanamkan. agar nanti anak dapat turut menikmati hasilnya dan lebih giat lagi bercocok tanam dan mencintai tumbuhan.

author