Mencegah dan Mengatasi Diare Pada Bayi

No comment 576 views

bayi diare

Diare pada bayi dapat menyerang kapan saja, bahkan ketika bayi baru yang baru lahir sekalipun. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri, racun pada makanan, alergi susu formula, serta virus yang bernama rotavirus. Gejala umum yang timbul ketika bayi terserang penyakit diare ini antara lain kondisi veses yang terlalu cair, frekuensi buang air besar perharinya meningkat menjadi 2 – 3 kali lipat atau lebih dari keadaan normalnya, terkadang disertai dengan demam dan muntah.

Bayi yang tengah mengalami diare ini seringkali rewel dan terlihat lemas karena mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu tentunya orang tua akan sangat cemas ketika mendapati si kecilnya mengalami diare. Meskipun penyakit ini nampak sederhana namun jika tak segera ditangani akan sangat berbahaya bagi kesehatan bayi dan menghambat proses pertumbuhannya. Untuk itu sangat penting bagi setiap orang tua untuk mengetahui bagaimana cara tepat dan aman menangani diare pada bayi. Cara penanganan diare dapat dilakukan seperti berikut:

  • Berikan ASI yang cukup pada bayi untuk mencegah terjadinya dehidrasi, karena diare sangat menguras cairan dalam tubuh.
  • Berikan oralit pada bayi dengan resep atau petunjuk dokter.
  • Berikan makanan yang mudah dicerna seperti pisang dan kentang apabila Ia telah diberikan manakan pendamping ASI.
  • Segera bawa kedokter jika diare yang diderita tak kunjung sembuh

Namun hal terbaik yang sebenarnya dapat dilakukan oleh orang tua adalah mencegah agar si kecil tak terserang diare, sebagaimana pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu tak ada salahnya jika orang tua menerapkan pola hidup sehat dan bersih untuk mencegah terjadinya penyakit diare, seperti berikut:

  • Jaga kesehatan diri Anda dan bayi. Usahakan cuci tangan dengan sabun sebelum memegang si kecil, hal ini bertujuan untuk membunuh kuman yang ada ditangan.
  • Jagalah kebersihan peralatan makan bayi, cuci dengan bersih dan simpan ditempat yang terhindar dari bakteri dan kuman penyebab diare.
  • Perhatikan jenis makanan yang diberikan pada anak, usahakan makanan dimasak dengan sempurna dan bebas dari penyakit dan racun.
author