Mendengarkan Musik Cara Cepat Perbaiki Suasana Hati

Setiap orang berbeda, Kadang ada yang setiap kali suasana hatinya lagi kacau atau lagi stres dengan mendengarkan lagu bisa memulihkan moodnya kembali.

Studi di University of Gothenburg didasarkan survei yang melibatkan 207 orang. Selama studi peneliti juga mengintervensi kelompok eksperimen yang terdiri dari 21 orang untuk mendengarkan musik favorit selama 30 menit perhari selama dua minggu. Sementara kelompok kontrol dengan jumlah yang sama harus bersantai tanpa musik.

Hasil studi menunjukkan kelompok yang mendengarkan musik secara teratur menngalami emosi positif yang lebih sering. Kelompok ini juga mengatakan lebih sedikit mengalami stres. Hasil tes darah juga membuktikan tingkat hormon kortisol lebih rendah ketimbang mereka yang bersantai tanpa musik.

“Tapi harus ditekankan bahwa dalam mempelajari respon emosional musik merespon dengan cara yang sama persis mengenai sepotong musik,” ungkap peneliti Marie Helsing seperti dikutip DNA.

Helsing menambahkan, “masing-masing individu dapat merespon secara berbeda terhadap bagian yang sama dari musik, tergantung pada faktor-faktor individu dan situasionalya, ” ujarnya.

Untuk itu ia menyarankan agar seseorang mendengarkan musik yang disukai untuk memperoleh hasil optimal.

Ketika mental dan emosi kita sedang dalam keadaan tidak seimbang (misalnya karena sedang kesal atau dongkol), dan kemudian kita mendengarkan musik yang tepat, maka yang terjadi adalah :

“energi atau frekuensi yang dihasilkan oleh musik tersebut masuk ke dalam medan energi diri kita sebagai pendengarnya. Lalu energi/frekuensi yang berasal dari musik tersebut berupaya menyelaraskan dan menyeimbangkan energi/frekuensi diri kita (yang sedang dalam kondisi tidak seimbang)”

Ketika keseimbangan atau keselarasan telah tercapai, maka kita pun cenderung akan merasa damai atau tenang kembali. Bahkan bisa berubah menjadi ceria.

Pernahkah anda mengalami hal tersebut?

Lalu, jenis musik apakah yang bisa memperbaiki mood yang sedang buruk?

Menurut saya bisa apa saja. Artinya tidak hanya satu jenis musik. Ketika sedang kesal dengan suatu keadaan, anda bisa menjadi tenang kembali usai menyimak hentakan musik rock/metal yang cadas atau keras. Apalagi jika sambil berteriak. Energi negatif yang berlebih pada diri anda bisa larut, keluar, atau diseimbangkan oleh energi musik keras tersebut.

jiwa musik Ketika dalam kondisi kelelahan atau tegang, musik-musik ringan seperti klasik, pop, jazz, maupun slow rock bisa membuat pikiran dan tubuh saya menjadi rileks kembali.

Kesimpulannya, musik memang bisa menyeimbangkan kondisi fisik, mental, dan psikis manusia.

Bagaimana menurut pengalaman anda?

author