Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Pribadi Pemalu

anak cerdas

Bunda yang selalu mengawasi dan mengikuti perkembangan anak merupakan harapan anak yang sesungguhnya, walaupun tidak diungkapkan dengan kata-kata. Oleh karena itu, banyak diantara para Bunda yang memutuskan untuk berkonsentrasi dalam membesarkan buah hatinya dan selalu ada disampingnya. Bahkan, mereka rela untuk meninggalkan pekerjaan yang telah lama digelutinya.

Memang hal tersebut sangat baik dan mulia. Akan tetapi, tidak cukup hanya stay disamping buah hati saja. Bunda juga harus belajar bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar. Bagi para bunda disarankan juga untuk membaca psikologi perkembangan anak, agar lebih faham fase-fase yang dilalui si buah hati.

Mendidik anak memang gampang-gampang susah. Membiarkannya terlalu bebas tentu tidak bijak, karena akan berbahaya bagi kesehatan fisik dan psikologisnya. Terlalu protektif terhadap anak juga kurang baik. Prpotektif serta melarang anak untuk melakukan ini itu akan membuat anak menjadi pemalu dan tidak memiliki keberanian, terutama dihadapan orang lain. Sifat pemalu ini akan terlihat ketika anak berusia satu tahun ke atas, karena pada usia satu tahun anak mulai dapat membedakan orang yang sering bersamanya dan orang lain (asing).

Lalu bagaimana cara mendidik anak agar tidak menjadi pemalu?Salah satunya adalah dengan tidak sering memaksa anak untuk tidak melakukan ini itu, serta berusaha untuk menjawab atau memenuhi keingintahuan anak. Jangan juga terlalu sering memarahi si buah hati ya Bund.

author