Mendidik Disiplin Pada Anak

No comment 851 views

Meski terdengar kaku, mengajarkan disiplin kepada anak sejak dini merupakan langkah yang tepat. Sayangnya, tidak sedikit para orang tua yang kerap mengabaikannya karena mereka beranggapan bahwa tanggung jawab untuk si kecil hampir tidak ada. Biarlah semuanya berjalan sesuai dengan usia mereka dan bila tiba waktunya maka disiplin dapat diajarkan.

Tentu, pandangan seperti ini tidaklah salah namun juga tak bisa dibenarkan mengingat sifat disiplin pada anak bila ditanam kepada buah hati sejak masa kanak-kanak sangatlah penting. Meski untuk melakukannya sendiri dibutuhkan ketekunan, pembiasaan, komitmen yang tinggi yang pastinya tidak mudah. Namun, dengan dukungan penuh dari keluarga setidaknya semua kesulitan dapat diatasi dengan mudah.

Disiplin Pada Anak Dimulai Dari Orang Tua

disiplin pada anakOrang tua merupakan panutan bagi anak-anak termasuk meniru segala hal apa yang dilakukan. Nah, agar pengajaran tentang disiplin pada anak bisa berhasil, maka sifat disiplin itu sendiri haruslah tertanam di pikiran orang tua sendiri. Akan sangat sulit mengajarkan anak untuk makan siang di meja jika sang ayah makan malam sambil nonton bola di TV.

Dengan kata lain, semua harus dimulai dari orang tua agar pengajaran tersebut dapat diberikan kepada anak. Sebaliknya, akan menjadi sia-sia jika orang tua menginginkan si kecil menjadi disiplin sementara orang tuanya sendiri tidak melakukannya sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Untuk itu, tanggung jawab serta peraturan yang dibuat haruslah memiliki keselaran antara kebutuhan orang tua dan anak. Dengan adanya harmonisasi tersebut, maka kedua pihak bisa menaati peraturan yang berlaku di tengah keluarga. Berdiskusi dengan pasangan adalah langkah yang tepat guna memastikan bahwa program yang dijalankan dapat berhasil dengan baik.

Sebagai langkah awal dalam menyusun program atau aturan, sebaiknya dimulai dari hal-hal yang kecil seperti jadwal makan, aktifitas apa saja yang harus dilakukan hingga waktu tidur. Dengan demikian, si kecil akan memahami dan menghargai waktu dengan tepat. Satu hal yang pasti dalam mengajarkan disiplin pada anak adalah tidak memaksakan kehendak orang tua secara berlebihan karena bisa membuat si kecil merasa tertekan.

author