Menelisik 3 Masalah Kesehatan pada Bayi Baru Lahir

Tidak dapat dipungkiri bahwa bayi baru lahir memiliki tingkat imunitas atau kekbalan tubuh yang masih sangat rendah. Sistem kekebalan tubuh ini baru akan berkembang menuju kesempurnaan seiring dengan bertambahnya usia si bayi. Oleh sebab itu, rasanya menjadi hal yang wajar jika seorang bayi sangat rentan terhadap berbagai masalah kesehatan.

Berbicara mengenai hal ini, mungkin semua masalah kesehatan dapat terjadi pada bayi. Namun diantara yang banyak tersebut, terdapat beberapa yang sangat sering terjadi pada bayi baru lahir. Apa saja masalah kesehatan tersebut? Yuk cari tahu sama – sama.

bayi kuning

3 masalah kesehatan bayi baru lahir

  • Muntah dan diare

Wajar jika kedua hal ini kerap terjadi pada bayi baru lahir. Pasalnya bayi baru lahir menyesuaikan diri terhadap makanan yang diasupnya. Ketika selama dalam kandungan seluruh asupan makanan diterima melalui plasenta ibu, namun kini bayi harus mulai mengkonsumsi sendiri nutrisi untuk tubuhnya.

  • Demam ringan

Sama halnya dengan masalah pertama, untuk masalah kedua ini juga dipengaruhi oleh masalah adaptasi. Bedanya untuk masalah kedua ini bayi mengalami adaptasi terhadap suhu lingkugan barunya. Suhu ruangan atau lingkunganny sekarang tertu sedikit berbeda dengan suhu di dalam kandungan ibu. Oleh sebab itu bayi kerap mengalami peningkatan maupun penurunan suhu badan ringan.

  • Penyakit kuning

Bayi baru lahir hingga usia satu minggu memang wajar mengalami perubahan warna kulit menjadi sedikit kekuningan, hanya saja antara bayi satu dengan lainnya berbeda. Warna kulit bayi yang nampak kekuningan ini dipengaruhi oleh zat bilirubin selama dalam masa kandungan.

author