Menelisik Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Tentu Anda sudah tidak asing dengan buah nanas bukan? Buah yang konon berasl dari wilayah tropis Brasil dan Uruguay memiliki bentuk dan aroma buah yang khas. Dengan kulitnya yang bergerigi membuat buah nanas menjadi salah satu buah yang nampak unik. Buah ini selain dapat dikonsumsi secara langsung sebagai buah, juga biasa diolah menjadi bentuk makanan lain seperti kripik dan manisan.

Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata buah nanas juga sarat akan manfaat untuk kesehatan. Pasalnya buah ini memiliki banyak nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Apa saja manfaat buah nanas? Berikut ulasanya.

nanas

Manfaan buah nanas bagi kesehatan

  • Mencegah tekanan darah tinggi

Buah nanas kaya akan kandungan kalium yang secara medis memang berperan dalam mengontrol tekanan darah agar tidak tinggi. Selain itu kandungan serat yang tinggi di dalamnya mampu mencegah terjadinya menimbunan lemak pada pembuluh darah. Dengan demikian aliran darah akan tetap lancar.

  • Mengobati asam urat secara alami

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain dan kalium yang bersifat diuretik. Kandungan ini efektif untuk mengatasi barbagai masalah terkait asam urat.

  • Menyehatkan saluran pencernaan

Nanas memiliki kadar serat yang cukup tinggi sehingga akan sangat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan demikian dengan mengkonsumsi nanas dapat mencegah berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.

  • Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh

Nanas mengandung kadar vitamin C dan asam amino yang tinggi. Kedua nutrisi ini akan bekerja bersama dalam menghalau berbagai bibit penyakit yang akan menyerang tubuh, sehingga dapat menjaga serta meningkatkan sistem imun.

author