Mengajari Bayi Berenang

No comment 1455 views

Pada dasarnya, anak-anak sangat menyukai berenang, karena anak rata-rata suka bermain air. Bermain air bikin anak senang dan terlatih motoriknya. Banyak peneliti yang menyampaikan bahwasanya berenang dapat diajarkan pada anak sejak dari kecil. Dengan melatih bayi berenang, itu akan membuat si kecil menjadi nyaman dan jarang rewel. Akan tetapi, tetap jaga aspek keamanan buah hati anda lantaran saat berenang dapat terjadi resiko tenggelam.

Bayi Berenang Umur Berapa?

Pada dasarnya, saat bayi berumur 6 bulan saja sudah dapat diajari untuk berenang. Pada usia ini, biasanya sang bayi sudah cukup baik dalam menyangga badannya serta duduk dengan tegak. Jika anda mengajak anak anda berenang, jangan dipaksakan jika si kecil merasa takut dan lalu menangis. Bayi berenang harus sesuai dengan perubahan fisik serta tekadnya. Lama-lama, ia akan menikmatinya dan akan senang dalam bermain air.

tips nyaman ajak bayi berenang

Bayi sedang berenang

Tips Nyaman Ajak Bayi Berenang

Saat bayi merasa nyaman dengan kolam renang yang ia gunakan, pastikan kolam renang selalu terjaga kebersihannya. Usahakan memilih kolam renang yang jernih, airnya tidak terlalu dingin, suasananya yang tidak terlalu ramai, dan hindari juga kolam renang yang terlalu panas karena dapat membuat kulit bayi menjadi terbakar. Bisa juga dengan cara membuat kolam renang dengan tempat mandi spesial khusus si kecil, anda bisa membuatnya dibelakang rumah anda.

Untuk menjaga keamanan si kecil agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, selalu gunakan pelampung yang pas ukurannya dengan tubuh si kecil. Pastikan anda selalu berada didekat si kecil saat mengajarinya berenang, ajari ia menggerak-gerakkan kaki dan tangannya dan jangan sampai kepalanya tenggelam kedalam air. Bila buah hati anda sudah terlihat menggigil atau kulitnya menjadi keriput, segera tuntaskan acara berenang anda dengan buah hati anda serta olesi badannya dengan minyak telon. Gunakanlah pakaian yang hangat untuk si bayi, ia akan terasa aman dan terlindungi.

Bila dikerjakan dengan benar secara teratur, melatih bayi berenang akan membawa banyak manfaat bagi buah hati anda beserta anda sendiri. Keberaniannya dari awal akan terbentuk dengan sendirinya. Saat dewasa nanti, anak anda akan dapat menguasai rasa takutnya dan telah mempunyai kebiasaan berolahraga air. Berenang juga berguna untuk mengasah kemandiriannya dan yakin dengan dirinya sendiri. Selain itu, dengan berenang akan membantu perkembangan otot buah hati anda lantaran berenang memerlukan gerakan semua otot motoriknya. Berenang juga menambah ketahanan badan bayi pada penyakit.

Video Bayi Berenang

Sekian tentang Mengajari Bayi Berenang

author