Mengajarkan Kebiasaan Anak Mencuci Tangan

No comment 1169 views

Banyak anak yang tidak mencuci tangan dengan benar atau bahkan tidak melakukannya sama sekali. Padahal kuman dapat menyebar dengan cepat pada anak-anak, yang memicu pandemi flu, pilek dan penyakit lainnya.

Mencuci tangan dengan cara yang tepat dapat membantu mencegah penyebaran bakteri, kuman dan penyakit. Bantulah anak belajar untuk mencuci tangan dengan seksama dan mengajarkan cara yang benar dengan jelas.

1. Kapan waktu mencuci tangan
Anak perlu diajari kapan harus mencuci tangan, dan beri pengetahuan jika ia tidak melakukannya. Waktu-waktu yang diperlukan untuk mencuci tangan seperti, sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil atau besar, setelah bermain kotor, mengupil, batuk, bersin, dan sebagainya.
2. Penjelasan
Untuk anak perempuan, diberitahu untuk melepas cincin atau gelang sebelum mencuci tangan, agar seluruh bagian tangan dapat dicuci. Jelaskan juga bahwa sebelum mencuci tangan dengan sabun, basahi terlebih dahulu bagian seluruh bagian tangan dengan air hangat.
3. Mencuci tangan
Anak diberitahu ketika mencuci tangan, teteskan sabun cuci tangan secukupnya lalu menggosokkan tangan yang sudah diberi sabun hingga berbusa. Lama mencuci tangan sebaiknya sekitar 20 detik, untuk membuat anak semakin giat untuk mencuci tangan iringilah dengan lagu favoritnya.
4. Membilas dan mengeringkan tangan
Setelah 20 detik mencuci tangan, beri tahu anak untuk membilas tangannya dengan air selama 10 detik untuk menghilangkan sabun. Selanjutnya, keringkan tangan dengan tisu atau handuk, terakhir gunakan tisu baru atau handuk tersebut untuk mematikan keran.

author