Mengapa Anak Lebih Memilih Bersama Ibu dari pada Ayah?

Seringkali anak rewel dan tidak bisa ditinggal mengerjakan pekerjaan ibu rumah tangga lainnya. Padahal disitu ada sosok seorang ayah yang berusaha untuk menenangkannya. Tetapi ternyata Si anak tetap memilih untuk digendong Ibu, sehingga pekerjaan lain tidak terselesaikan. Bunda pernah mengalami hal serup? Mengapa anak lebih nempel sama Ibu daripada ayahnya?

ibu peluk

Alasan yang sangat mungkin adalah kedekatan emosional. Secara emosional, anak akan lebih dekat dengan ibunya yang selalu ada untuknya serta menyusuinya ketika bayi. Selain itu, Ibu juga lebih sabar dan tau cara menuruti maunya si buah hati. Berbeda halnya dengan ayah yan g merupakan tulang punggung keluarga. Tentu tuntutan tersebut menyebabkan ayah lebih sering berada di luar rumah dan kurang dekat dengan Si Kecil. Hal itulah yang menyebabkan anak lebih nyaman bersama Ibu dari pada ayahnya.

Lalu bagaimana menyikapi hal ini? Tentu saja dengan menciptakan kedekatan ayah dengan si buah hati. Berikut cara mendekatkan anak dengan ayah secara emosional:

1. Meluangkan waktu untuk menemani anak bermain

Dengan sering meluangkan waktu untuk bermain, anak akan mendapati ternyata ayahnya seru. Jika mereka menyukainya mereka akan mengajak lagi ayah bermain lain kali. Hal ini sangat baik untuk kedekatan mereka. Masukkan mainan-mainan edukasi juga agar anak sekalian belajar.

2. Berkomunikasi secara intensif dengan anak

Jika ayah memang sibuk, ayah dapat meneleponnya saat senggang, atau mengiriminya pesan dengan gambar-gambar menarik yang mereka sukai.

3. Mengagendakan liburan bersama

Momen liburan sangat baik untuk lebih mengakrabkan dengan anak. Selain itu ini juga dapat menjadi waktu refreshing ayah.

author