Mengapa Anak Susah Makan

No comment 448 views

Para orang tua sering mengeluh dan bertanya mengapa anak susah makan? Banyak sekali faktor penyebab terjadinya susah makan. Dan sering kali makan menjadi aktivitas yang kurang menyenangkan dibandingkan bermain, Untuk itu coba terapkan pola rutin, ada waktu bermain, ada waktu makan, dan ada waktu tidur.

Sayangnya tak semua masalah kesulitan makan sesederhana itu, jika jurus praktis untuk menghadapi aksi mogok makan si kecil menemui jalan buntu, kemungkinan besar ada penyebab medis dari kondisi ini. Biang keladi yang sering ditemui adalah hilangnya napsu makan akibat gangguan pencernaan. Amatilah keseharian si kecil, apakah sering mengalami :

Perut kembung
Cegukan
Sering buang angin
Muntah atau mual bila disuapin makanan
Nyeri perut sesaat yang hilang timbul

Ini kerap disertai gangguan perilaku seperti aktif berlebihan, gangguan tidur malam dan gangguan konsentrasi. Tak jarang terdapat gangguan kesehatan gigi, sariawan dan gusi berdarah. Yang tak kalah pentingnya amatilah apakah si kecil mengalami gangguan gerakan mengigit, mengunyah dan menelan, dengan cara ketika anak muntah amati apakah makanan yang tadi dimakan masih utuh, jika ya, tandanya si kecil mengalamani kesulitan mengunyah dengan sempurna.

Meski lebih kecil pengaruhnya faktor psikologis juga mempengaruhi napsu makan anak. Misal orang tua terlalu protektif atau pemarah, keluarga tidak harmonis.

Lantas, bagaimana pemecahan yang bisa kita lakukan:

Pastikan apakah betul anak mengalami kesulitan makan.
Carilah penyebab kenapa si kecil kesulitan makan.
Identifikasi apakah ada komplikasi yang terjadi.
Berikan pengobatan terhadap penyebabnya.
Bila penyebabnya gangguan saluran cerna, hindari makanan tertentu yang menjadi penyebab gangguan.

author