Mengapa Asam Folat Untuk Ibu Hamil Begitu Penting

Menjaga kesehatan serta menjamin asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan adalah tindakan wajib. Jika tidak, perkembangan janin yang pastinya bertambah tidak sesuai dengan yang diharapkan bahkan cenderung mengalami masalah. Salah satu elemen yang begitu penting adalah memenuhi asam folat yang berfungsi untuk mencegah cacat lahir hingga tulang belakang.

Asam folat adalah vitamin B yang biasanya ditemukan pada makanan yang mengandung gizi dan nutrisi. Seperti yang telah dijelaskan diatas, resiko terbesar adalah cacat pada bayi yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada tubuh bagian bawah. Itu sebabnya, banyak yang menyarankan untuk tetap memenuhi asupan asam folat untuk ibu hamil mengingat efek samping yang ditimbulkannya.

asam folat untuk ibu hamilLantas, tindakan apa yang harus dilakukan? Berita baiknya, beberapa hal yang dilakukan dengan mudah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi kebutuhan asam folat untuk ibu hamil. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Ibu hamil bisa makan pasta, sereal hingga roti yang mengandung asam folat.

Bahkan, mengkombinasikannya sayuran dan buah juga merupakan tindakan yang tepat karena mengandung bahan yang memiliki asam folat. Intinya adalah, tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan memiliki gizi serta nutrisi untuk mendapatkan nilai yang penting bagi perkembangan janin.

Terkadang, ada juga ibu hamil yang menambahkan vitamin selama masa kehamilan. Tentu, hal ini sah-sah saja dilakukan sepanjang tetap berada pada koridor nasehat medis. Hal ini penting karena kelebihan vitamin pun dapat mempengaruhi perkembangan anak nantinya.  Untuk itu, pilihlah vitamin yang memiliki khasiat asam folat di dalamnya agar terpenuhi kebutuhan selama hamil.

Ada satu informasi yang cukup menarik tentang asam folat ini yaitu bagi mereka yang kesulitan untuk hamil, dapat juga mengkonsumsi makanan atau pun vitamin yang mengandung asam folat. Karena, bisa saja terjadi, tanpa disadari oleh pasangan bahwa janin sudah terbentuk sehingga kebutuhan untuk perkembangan otak dan tulang belakangnya sudah terbentuk. Diharapkan, dengan penjelasan diatas maka alasan pentingnya asam folat untuk ibu hamil harus diperhatikan.

author