Mengapa Menanam Pohon?

No comment 1171 views

Tahun belakangan ini ramai orang membicarakan tentang Global Warming, dan yang juga populer menyertainya adalah Save The Trees, berupa penanaman pohon. Hampir semua kegiatan “peduli lingkungan” dilakukan dengan menanam pohon. Bagaimana kaitan penanaman pohon dengan upaya mencegah pemanasan global?

Coba baca lagi tentang pelepasan CO2 ke udara disini, dan disini. Telah kamu ketahui di bangku sekolah, bahwa salah satu siklus CO2 adalah pepohonan terutama daun hijau, menyerap CO2 dan dengan bantuan sinar matahari dan air, pada khlorofil, akan menghasilkan gas O2 (oksigen) dan hidrokarbon yang tersimpan sebagai kayu, buah, dan biji.

Artinya setiap kamu “membakar” bahan bakar dari dalam bumi (minyak tanah, bensin, solar) dengan cara menjalankan motor, mobil, seharusnya kamu menyediakan “pohon” untuk menyerap segala “kotoran” yang dikeluarkan oleh knalpot motor atau mobil kamu.

Siapa yang akan “menetralisir” polusi yang kamu keluarkan? Apalagi dengan adanya pabrik-pabrik besar yang juga menggunakan bahan bakar fosil. Harus tersedia pohon-pohon baru yang dapat ”membersihkan” kotoran itu.

Sebagai gambaran, satu batang pohon yang melakukan fotosintetis, dapat “menyerap” 1 kg CO2 dan “mengeluarkan” 0,73 kg gas O2.

Menanam pohon adalah awal yang baik, menjaga dan memelihara hingga tumbuh menjadi besar adalah yang lebih utama, karena pohon “dewasa” lah yang sebenarnya dapat melaksanakan tugas “menyerap” polusi di dunia ini. Jika kamu harus menyediakan pohon-pohon setiap kamu “mengeluarkan” polusi, coba kamu sebutkan, sampai kapan?

author