Mengapa Pertumbuhan Gigi Bayi Terlambat?

No comment 2671 views

Perkembangan bayi memang satu momen yang tidak bisa diabaikan begitu saja karena banyak hal lucu dan menggemaskan yang terjadi. Seperti tumbuhnya gigi susu yang biasa terjadi pada usia sekitar 6 hingga 10 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah dan disusul pada gigi seri atas di usia 12 bulan. Hanya saja, para orang tua harus memahami bahwa tidak semua anak memiliki waktu yang sama dalam hal pertumbuhan gigi. Meskipun demikian kondisi ini tak perlu terlalu dikhawatirkan karena masih dalam tahap normal.

Adapun penyebab pertumbuhan gigi bayi terlambat biasanya kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan gigi di masa kandungan. Adapun proses tersebut terjadi di usia kehamilan 4 bulan yang pada akhirnya akan membuat gigi susu tumbuh lebih lambat.

Pertumbuhan Gigi Bayi dan Penyebabnya

pertumbuhan gigi bayiSeperti diketahui bahwa makanan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perkembangan si kecil termasuk gigi yang terlambat tumbuh. Tidak sedikit orang tua yang selalu memberikan makanan dalam bentuk lembut meski di usia mereka dapat mengunyah makanan yang sedikit lebih keras. Kekurangannya adalah makanan lembut kurang memberi rangsangan bagi pertumbuhan rahang dan gigi.

Kebalikannya, jika diberi makanan keras akan membuat otot-otot pengunyahan, tulang rahang dan gigi akan bekerja lebih keras. Yang pada akhirnya akan memberi stimulasi untuk pertumbuhan gigi bayi dan tulang. Selain itu, pertumbuhan gigi juga dapat dirangsang dengan memberikan mainan yang dapat digigit. Namun, pastikan mainan tersebut aman untuk digunakan.

Kemudian, penyebab lainnya adalah ketebalan gusi yang berbeda dari kondisi normal yang biasanya didapat dari kekurangan nutrisi atau kelainan genetik. Itu sebabnya, bagi wanita hamil sangat penting memperhatikan asupan gizi agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi termasuk pertumbuhan gigi bayi yang lambat.

Sangat direkomendasikan bagi para orang tua untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi spesialis anak jika di usia lebih dari 1 tahun gigi belum juga tumbuh. Hal ini penting agar diketahui apa yang menjadi penyebab terhambatnya pertumbuhan gigi bayi serta akan diberi solusi bagaimana mengatasinya.

author