Bayi Susah Tidur? Ini Solusinya!

No comment 664 views

Kualitas tidur pada bayi merupakan salah satu dari aspek utama yang bertindak dalam tumbuh kembang si bayi. Tiap-tiap bayi membutuhkan penanganan dan rutinitas yang berlainan ketika ia akan ditidurkan. Banyak sekali bayi yang rewel saat akan ditidurkan oleh orang tuanya, padahal orang tua itu akan mengerjakan pekerjaan yang lain. Bayi tidur juga akan membantu orang tua memperoleh istirahat cukup yang diperlukan untuk melakukan aktivitas esok hari.

Bayi susah tidur

Bayi susah tidur

Jika bayi susah tidur atau rewel saat akan ditidurkan, inilah hal-hal yang harus dihindarkan saat bayi susah tidur :

Tentramkan bayi saat menangis

Bila bayi anda menangis saat anda akan menidurkannya dimalam hari dan anda tergesa-gesa saat menenangkannya, dia tak lagi sempat belajar untuk menentramkan dirinya untuk tidur. Bila dia menangis, tunggulah hingga 5 menit lalu anda bisa menenangkannya. Anda tak perlu mendengar setiap rengekan dan rintihannya.

Memberinya makan saat malam hari

Anak anda mesti berhenti disusui pada tengah malam sesudah beratnya kurang lebih 12 kilogram. Bila beratnya telah kian lebih 12 kg dan tetap menangis minta susu pada jam 2 awal hari bermakna anda mesti mengajarinya suatu hal yang kurang baik. Alih-alih memberinya susu, sebaiknya anak anda ditenangkan serta untuk dia tidur lagi.

Mengendong bayi untuk tidur

Bila Anda kerap menidurkan bayi lewat cara digendong, dia akan mulai tergantung pada lengan Anda. Makna yang umum digunakan, bayi Anda telah bau tangan. Bila dia sering tertidur saat Anda memberinya susu, bangunkan dia dengan lembut sebelum Anda menempatkannya di ranjang kesayangannya.

Tidur mengemut botol

Saat bayi Anda tertidur sembari minum susu dalam botol, berhati-hatilah. Susu dapat jadi ‘kolam renang’ di mulutnya hingga mengakibatkan pergantian warna gigi dan terjadilah pembusukan. Tidur dengan botol di mulut juga menambah resiko infeksi telinga.

Satu diantara langkah yang kerap dilaksanakan orang tua untuk memberi kenyamanan pada bayi kala tidur yaitu dengan dibedong, dengan catatan ikatan tidak terlalu kencang. Anda bisa memakai bedong bayi yang menggunakan bahan cotton spandex yang melar. Berikan bayi kenyamanan serta kehangatan yang sesuai sehingga tidur bayi tambah lelap, tetapi cukup melar untuk memberinya area gerak.

Sekian tentang Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

author