Mengatasi Masalah Bayi Sering Kentut

No comment 570 views

bayi kentut

Kentut atau buang gas merupakan suatu proses yang wajar dan normal dalam tubuh manusia, termasuk pada bayi. Namun jika frekuensi buang gas yang terjadi berlebihan itu yang menjadi masalah.

Bayi usia 3 sampai 6 bulan cukup rentan dengan masalah ini, umumnya masalah buang gas ini disebabkan oleh adanya gas yang tertelan ketika bayi meminum susu. Jika kadar angin yang ikut masuk dalam tubuh bayi tinggi maka akan menyebabkan perut menjadi kembung sehinga bayi sering kentut. Penyebab lain masalah kentut bayi ini adalah jenis makanan yang dikonsumsi sang bunda yang menyusui. Beberapa jenis makanan diketahui dapat menyebabkan produksi gas berlebih seperti kacang – kacangan, ketela, dan kol. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada bayi yang meminum ASI nya.

Masalah sering kentut pada bayi yang disebabkan oleh perut kembung ini umumnya membuat bayi sering rewel dan susah tidur. Oleh sebab itu masalah ini harus segera diatasi agar bayi dapat kembali beraktivitas normal. Untuk mengatasi masalah sering kentut pada bayi berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Tepuk punggung bayi secara pelan secara berkala setiap 3-5 menit sekali. Hal ini dapat mengurangi kadar gas dalam saluran pencernaanya.
  • Pijat secara perlahan dan lembut pada daerah perut bayi dengan minyak angin khusus bayi. hal ini bertujuan untuk mengurangi gelembung gas pada sistem pencernaannya.
  • Sesuaikan ukuran dot yang digunakan bayi untuk meminum susu botol, karena hal ini akan sangat mempengaruhi tinggi rendahnya kadar gas yang ikut terserap oleh bayi ketika minum.

 

author