Mengatasi Masalah Gangguan Tidur Pada Anak

No comment 982 views

Masalah gangguan tidur pada anak meskipun jarang muncul namun bisa terjadi dan patut untuk Anda waspadai. Ketika anak mengalami masalah gangguan tidur, maka kondisi tubuhnya akan menurun dan kesehatan anak bisa terganggu. Karena, istirahat tidur tentu saja harus didapatkan oleh anak dalam rangka menjaga kesehatannya agar bisa beraktivitas setiap hari dengan baik. ketika anak Anda mengalami gangguan tidur, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut.

Berolahraga teratur

Apakah anak Anda menyukai permainan video game hingga ia kerap kali lupa olahraga? Mungkin saja ya. Video game saat ini memang mempunyai pengaruh yang cukup besar kepada dunia anak. Sehingga, tidak jarang mereka enggan untuk melakukan aktivitas di luar rumah dan memilih untuk mengurung diri menikmati video game kesayangan. Jangan biarkan anak Anda terlarut dalam situasi tersebut, dan ajak mereka untuk berolahraga. Dengan berolahraga secara teratur di pagi atau sore hari, maka anak akan menguras energinya dan pada malam hari ia akan cepat tidur.

Makan dan minum secukupnya

Kebanyakan orang tua saat ini cenderung menyukai jika anak mereka makan dengan lahap bahkan hingga gemuk. Padahal dengan mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak, anak merasa tubuhnya kurang nyaman sehingga sulit untuk tidur. Sangat baik untuk memberikan anak makanan secukupnya, serta mencegah ketika ingin mengkonsumsi banyak minuman manis. Ketika anak terus mengkonsumsi makanan manis, maka keinginan mereka untuk buang air kecil tentu saja semakin besar, dan pada akhirnya akan susah tidur.

Jangan memberikan kafein anak kafein

Kafein merupakan salah satu penyebab setiap orang sulit tidur. Jadi, jangan pernah memberikan kafein pada anak Anda melalui kopi atau teh yang terlalu banyak. Anak akan sulit untuk merasa tidur dan pada akhirnya aktivitas mereka di siang hari menjadi terganggu.

Mandi air hangat

Dengan mandi air hangat, maka otot anak tidak menjadi tegang dan ia bisa merasa rileks. Dengan rileksnya otot anak, tentu ia akan mudah tidur dan tidak mengalami gangguan tidur lagi.

Semoga dengan adanya beberapa tips di atas, masalah gangguan tidur pada anak bisa cepat teratasi.

author