Mengatasi Masalah Gizi Anak Sekolah

No comment 956 views

Gizi tentu saja merupakan sebuah hal yang harus diperhatikan dengan sangat serius. Satu hal yang juga penting adalah masalah gizi anak sekolah. Kita tentu tahu bahwa anak sekolah rentan sekali terkena masalah gizi. Ini karena jajanan yang ada di sekolah mereka terkadang tidak mendukung untuk mampu menciptakan nutrisi yang sehat bagi anak. seringkali anak jajan sembarangan di sekolah dan kemudian mendapatkan masalah pencernaan seeprti sakit perut.

Jika Anda ingin mengatasi masalah gizi anak sekolah, kami memberikan beberapa rekomendasi tips berikut ini yang dianjurkan penerapannya secara teratur.

Memberikan bekal kepada anak

Seorang anak yang suka jajan harus disiasati dengan bijak. Caranya adalah dengan memberikan bekal yang menarik plus uang jajan sedikit. Ketika anak Anda mendapatkan bekal, maka ia akan mempunyai nutrisi baik dalam kesehariannya di sekolah. Juga, anak mampu mendapatkan energi yang berlimpah dan benar-benar terjaga kualitas kesehatannya.

Sajikan bekal dengan beragam makanan menarik, bervariasi, dan tentu saja bergizi. Misalnya, Anda ingin menyediakan bekal tempe, maka salah satu cara terbaiknya adalah dengan membuat variasi sajian berupa oseng tempe, tempe bacem, tempe goreng, hingga sambal tempe.  Dengan cara ini, anak tidak akan bosan dan mengkonsumsi makanan Anda dengan lahap.

Rutin sarapan bergizi

Anak harus mendapatkan sarapan dengan rutin setiap hari. Jika anak Anda mampu mendapatkan makanan pagi secara rutin, maka ia akan menemukan energi terbaik bagi hari di sekolahnya. Sebaliknya, anak akan cenderung kelaparan dan mengkonsumsi banyak jajanan di sekolah secara sembarangan. Beri anak Anda beragam makanan yang bergizi dengan kandungan protein serta karbohidrat kompleks agar energinya dapat terjaga.

Buat anak Anda cinta rumah

Seorang anak yang suka berada di rumah dalam melakukan aktivitasnya tentu saja nutrisinya akan terjaga dengan baik. Buatlah suasana rumah Anda menjadi nyaman dan membuat anak merasa betah. Libatkan anak dalam aktivitas yang mengasyikkan seperti berkebun, memasak bersama, dan membersihkan rumah secara bersama-sama. Dengan anak yang terus berada di rumah, tentu saja aktivitas dan gizinya dapat dikontrol dengan baik.

Selamat mencoba beberapa tips mengatasi masalah gizi di atas.

author