Mengatasi Masalah Hidung Tersumbat pada Bayi

No comment 661 views

Hidung tersumbat pada bayi memang bukan merupakan suatau masalah yang berat. Namun ketika si kecil mengalami masalah ini tentunya ia akan sering rewel karena pernafasannya akan sedikit terganggu. Oleh sebab itu masalah ini harus segera diatasi agar bayi tidak terlalu menderita.

Namun yang perlu menjadi catatan, ibu harus melakukan langkah yang tepat dan aman untuk meredakan masalah ini. untuk itu berikut kami berikan beberapa tips mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi secara aman.

tersumbat

  • Lakukan penguapan alami

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatsi masalah hidung tersumbat adalah dengan inhalasi atau penguapan. Caranya, siapkan air panas dalam ember kemudian campur dengan sedikit minyak telon. Kemudian gendong bayi Anda dan dekatkan ke ember tersebut sehingga bayi dapat mnghirup uar airnya.

  • Hangatkan Bayi

Rasa hangat secara tidak langsung akan meredakan hidung tersumbat pada bayi. caranya Anda dapat mengajak si kecil berjemur di bawah matahari ketika pagi hari. selain itu oleskan minyak penghangat khusus bayi ke beberapa bagian tubuh seperti perut, punggung, dada, tangan dan kaki ketika sore hari dan menjelang tidur, minyak ini akan memberikan kehangatan pada bayi.

  • Atur posisi tidur

Posisi tidur yang tepat dapat membantu meredakan masalah hidung tersumbat pada bayi. Posisi yang dianjurkan adalah posisi miring, ibu dapat memposisikan tidur bayi miring ke kiri jika yang tersumbat bagian kanan, dan sebaliknya miring ke kanan jika yang tersumbat bagian kiri. Selain itu usahakan posisi kepala bayi lebih tinggi dari pada badannya.

author