Mengatasi Masalah Susah Tidur pada Anak Bayi

No comment 373 views

Masalah susah tidur pada anak bayi tentu bukanlah hal yang mudah, diperlukan sebuah hal yang amat konsisten dan sabar dalam menghadapi bayi tersebut. Di bawah ini, kami menyediakan tips khusus untuk anda dalam rangka memberikan ketenangan kepada bayi serta membuatnya tertidur lebih cepat.

Kondisi kamar tidur yang tenang

Bahkan, dalam sebuah kondisi bayi dapat kaget dan terbangun hanya karena kita bergerak. Untuk itu, amat disarankan untuk memblokir seluruh pemicu kebisingan yang ada di sekitar tempat tidur seorang bayi. Jangan ciptakan lingkungan yang bersuara, dan jangan buat gerakan yang tiba-tiba sehingga membangunkan bayi anda.

Kamar tidur yang gelap

Gelap memberikan rasa nyaman kepada kita ketika ingin tidur. Tidak mengherankan apabila rasa kantuk belum datang akibat lampu terang yang menyala di tempat tidur seorang bayi. Cobalah matikan lampu kamar dan kemudian tidurkan bayi anda.

Gendong dan ayun-ayunkan bayi

Menggendong kemudian mengayunkan bayi anda, bisa memberikan rasa nyaman yang membuatnya cepat terlelap. Cobalah untuk terus mengayunkan bayi anda agar ia mampu mendapatkan rasa kantuk dan kemudian tertidur. Jangan lupa untuk menyanyikan lagu-lagu pengantar tidur yang bisa membuatnya lebih nyaman serta mudah terlelap.

Tentukan dimana tempat tidur yang paling cocok

Tidak ada tempat yang benar atau salah untuk bayi selama ia bisa tidur di tempat tersebut. Seorang bayi bisa saja tidur lelap di sebelah orang tuanya, di sebelah kakaknya, tempat tidurnya yang terpisah, dan masih banyak pilihan lain. Cobalah untuk mencoba banyak tempat dan simpulkan mana tempat ternyaman yang bisa memberikan kemudahan bagi bayi anda untuk terlelap. Terbukalah pada keinginan bayi anda dan jangan memaksakan bayi utnuk tidur di sebuah tempat secara konsisten.

Berikan ASI

Susu memang dikenal sebagai sebuah makanan bayi yang terkenal karena perannya mempercepat tidur. Cobalah berikan konsumsi ASI kepada anak anda agar ia mampu mendapatkan rasa kantuk yang lebih cepat dan terlelap secara mudah.

Itulah beberapa tips mengatasi masalah tidur pada anak bayi yang bisa anda coba di rumah.

author