Mengatasi Panas Setelah Imunisasi

No comment 588 views

Bayi yang mengalami panas setelah imunisasi tentu saja menjadi sebuah masalah yang harus segera diatasi. Kita, mengetahui manfaat besar imunisasi, yaitu sebagai bagian penting yang mampu meningkatkan kualitas kesehatan seorang bayi. Melalui imunisasi, bayi bisa lebih kebal terhadap serangan penyakit. Kendati demikian, banyak bayi yang mendapatkan pengalaman panas setelah imunisasi dan berikut adalah sistem penanganan yang baik.

Berikan anak anda ASI

Demam setelah imunisasi bisa dianggap sebagai hal wajar yang banyak terjadi pada seorang bayi. Ketika bayi anda mengalami panas setelah imunisasi, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah memberikannya ASI. Bayi akan mendapatkan cairan, nutrisi, serta energi untuk segera memulihkan kondisi tubuhnya dari demam yang mendera.

Kompres dengan air hangat

Panas pada bayi adalah sebuah hal yang terjadi karena reaksi vaksin yang ada dimasukkan ke dalam tubuh. Bayi tidak akan mengalami masalah apapun yang berarti dan ini normal terjadi. Setelah memberikan ASI, lihat apakah bayi anda masih panas atau tidak dalam periode waktu beberapa jam. Bila panas, cobalah untuk mengompresnya dengan air hangat. Sebagai contoh, ada orang tua yang mengompres bayi mereka semalaman hingga subuh dan pada pagi harinya sang bayi terbebas dari demam.

Sediakan obat penurun panas

Sediakan obat penurun panas sebelum anda mendapatkan fakta bahwa bayi mengalami panas setelah imunisasi. Obat penurun panas atau paracetamol akan sangat berguna dalam rangka menurunkan panas di tubuh bayi serta membuatnya normal kembali.

Kenakan baju senyaman mungkin

Anak yang mengalami demam amat disarankan untuk mengenakan baju yang nyaman dengan bahan dasar tipis. Gunakan pula sprei yang lembut serta selimut yang tipis pada tempat tidur untuk membuat anak tetap nyaman. Jangan berikan anak pakaian serta selimut tebal, karena ia akan semakin rewel karena merasa tidak nyaman dengan keadaannya sendiri.

Itulah beberapa hal penting yang harus anda ketahui mengenai kejadian atau kondisi panas setelah imunisasi.

author