Mengenal 7 Tahapan Penting Perkembangan Bayi

No comment 604 views

Tidak ada hal yang paling membahagiakan bagi seorang ibu selain melihat buah hati mungilnya terus tumbuh dengan sehat sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya. Yap bayi akan melalui satu demi satu tahap perkembangan dalam hidupnya. Mulai dari ketika lahir hanya bisa menangis, kemudian lambat laun ia dapat tengkurap, mengangkat kepala, duduk, hingga akhirnya mampu berdiri dan berjalan.

Nah berbicara mengenai tahap perkembangan bayi, pada dasarnya semua tahapan bayi itu penting. Namun ada 7 tahap penting perkembangan yang wajib Anda ketahui. Apa saja?

berjalan

7 tahapan penting perkembangan bayi

No

Tahapan

Keterangan

1 Tengkurap(usia 3-4 bulan) Bayi akan mampu memasuki tahap ini ketika otot – otot perutnya telah berkembang dengan baik, sehingga ia akan mampu tidur dengan bertumpu pada bagian perut dan bertahan hingga beberapa saat.
2 Mengangkat kepala(usia 4 – 5 bulan) Sebenarnya bayi telah mampu mengangkat kepalanya ketika berusia 2bulan seiring dengan perkembangan otot lehernya. Namun pada usia ini belum sempurna (baru sekitar 450), dan pada usia 4 bulan barulah si mungil akan mampu mengangkat kepalanya dengan baik.
3 Memegang benda di dua tangan(usia 7-8 bulan) Pada usia ini kemampuan koordinasi antara tangan kanan dan kirinya mulai berkembang dengan baik. Disamping itu bayi juga mengalami peningkatan pesat pada kekuatan jari – jemarinya. Sehingga ketika ia disodori mainan yang ia sukai ia akan dapat memegang dua mainan sekaligus di tangan kanan dan kirinya.
4 Duduk(usia 7-8 bulan) Perkembangan ini terjadi mana kala otot – otot bagian leher, punggung, dan pinggul telah cukup kuat untuk menopang tubuhnya dan membuatnya dalam posisi tegak.Baca juga: Tips Aman Melatih Bayi Duduk dengan Cepat
5 Merangkak(usia 8-9 bulan) Bayi mampu merangkak ketika ia mulai mampu menguasai keseimbangan tubuhnya. Tahapan ini juga dipengaruhi oleh perkembangan kekuatan otot – otot kaki dan tangan.
6 Berdiri dan berjalan(usia 11-13 bulan) Ketika keseimbangan tubuhnya semakin sempurna dan otot – otot kakinya semakin kuat, bayi akan mulai mampu berdiri. Kemudian lambat laun selangkah demi selangkah ia akan belajar berjalan.
7 Berbicara(usia 18-24 bulan) Setiap bayi memiliki tempo sendiri – sendiri dalam perkembangan kemampuan berbicaranya. Pertama bayi akan mulai belajar mengucapkan kata dengan dua suku berulang, misalnya “mama”, “papa”, “susu”, dan sebagainya. Lambat laun ia akan mulai mahir mengucapkan kata dengan suku kata berbeda, dan terus berkembang hingga ia mahir berbicara.

author