Mengenal Anak Usia Dini dan Berbagai hal yang Terkait

Masa kanak – kanan merupakan masa peralihan dari masa bayi menuju masa kematangan seksual atau masa remaja. Tahapan ini umumnya terjadi dalam rentang yang relative lama yaitu pada usia 2 – 12 tahun. Masa kanak – kanak ini sendiri terbagi menjadi dua tahap yang masing – masing tahapnya memeliki karakterristik dan tugas pertumbuhan yang berbeda, yaitu masa kanak – kanak awal (2 – 6 tahun) dan masa kanak – kanak akhir (7 – 12 tahun). Pada tulisan kali ini kami akan lebih fokus untuk membahas mengenai perkembangan masa kanak – kanak awal atau yang diasa dikenal dengan masa perkembangan anak usia dini.

paud

Pengertian Anak Usia Dini

Anak usia dini dapat diartikan sebagai  tahapan dimana seorang anak belum memasuki usia wajib belajar secara formal di sekolah atau masa – masa prasekolah. Pada fase ini anak akan sangat bergantung pada bantuan orang tua. Oleh sebab itu peran orang tua pada masa ini sangat penting dan akan sangat dominan.

Masa anak usia dini dapat dikatakan sebagai masa yang terpenting dalam rentang kehidupan manusia. Seringkali tahapan perkembangan ini mempengaruhi proses perkembangan selanjutnya hingga mencapai dewasa. Mengapa? Karena pada tahap anak usia dini, seorang individu akan mendapat dasar – dasar mengenai berbagai nilai kehidupan baik moral, emosi, social, dan intelektual sebagai bekal untuk perkembangan selanjutnya. Dalam hal ini pendidikan dan bimbingan orang tua serta lingkungan sekitar akan sangat berpengaruh dan mentukan.

author