Mengenal Celebral Palsy, Lumpuh Otak yang Kerap Mendera Bayi Prematur

Pernahkah Anda mendengar istilah celebral palsy? Celebral palsy atau yang juga lebih dikenal dengan sebutan lumpuh otak merupakan sejenis kelainan yang dibawa sejak lahir oleh bayi yang umumnya prematur. Kasus seperti ini dapat dikatakan cukup sedikit terjadi yakni hanya sekitar 2 dari setiap 1000 kelahiran di dunia.

Celebral palsy menyebabkan penderitanya mengalami gangguan syaraf permanen yang berujung pada gangguan fungsi otak secara motorik kasar maupun halus. Kelainan ini juga akan menyebabkan bayi mengalami gangguan kepekaan rasa serta gangguan kontrol gerak. Bahkan pada kondisi tertentu tidak menutup kemungkinan bayi akan mengalami kelumpuhan dan kesulitan bicara.

cerebral

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa celebral palsy dipengaruhi oleh banyak faktor selama bayi masih dalam kandungan. Misalnya posisi bayi yang sungsang, terjadinya perkembangan sistem syaraf yang tidak normal, berat badan janin yang jauh dari normal, terjadinya hiperteroid pada sang ibu, serta pendarahan yang hebat saat masa kehamilan.

Nah dengan mengetahui berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya kelainan otak ini, tentu Anda harus mulai berhati – hati dan menjaga masa kehamilan Anda sebaik mungkin. Untuk mencegah terjadinya cerebral palsy ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama perhatikan betul pola hidup selama masa kehamilan dan yang kedua adalah menjaga pola makan yang baik. Usahakan untuk menghindari berbagai kegiatan dan konsumsi makanan yang berpotensi mengganggu kendungan Anda seperti bekerja terlalu keras, mengkonsumsi rokok dan alkohol, serta mengkonsumsi makanan dalam kondisi mentah atau setengah matang. Selain itu usahakan untuk selalu memperhatikan kebutuhan olahraga serta asupan nutrisi yang seimbang. Dengan melakukan pola hidup dan pola makan yang sehat tersebut maka potensi janin Anda menderita kelumpuhan otak akan dapat diminimalkan.

author