Mengenal dan Memahami Perkembangan Bayi 3 Bulan

Bayi akan terus menunjukkan adanya pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik maupun kecerdasannya dari waktu ke waktu. Tahap pertumbuhan dan perkembangan pada bayi ini ditandai dengan adanya tingkah laku atau aktivitas yang semakin meningkat tiap tahapnya. Misalnya pada bayi usia 3 bulan ia akan mengalami perkembangan yang lebih baik dari usia 2 bulan.

bayi 3 bulan

Berbicara mengenai perkembangan bayi usia 3 bulan, berikut ada beberapa hal yang wajib dipahami oleh seorang ibu berkenaan dengan proses perkembangannya. Bayi usia 3 bulan umumnya sudah dapat melakukan hal – hal sebagai berikut:

  • Mengangkat kepal, bayi usia 3 bulan normalnya sudah harus bisa melakukan hal ini dengan baik dalam posisi tengkurap.
  • Tertawa dan tersenyum, bayi sudah dapat menerima rangsangan orang – orang disekitarnya dengan baik. artinya ia akan merespon dengan tersenyum atau tertawa ketika orang disekitarnya mengajak bercanda.
  • Mengoceh, meskipun belum berupa kata yang jelas namun bayi usia 3 bulan umumnya sudah bisa mengoceh dengan lucunya ketika seorang didekatnya mengajaknya bercanda.
  • Mengangkat tangan, bayi di usia ini telah memiliki otot – otot tangan yang sudah cukup kuat sehingga ketika seorang didekatnya menyodorkan suatu mainan ia akan langsung mencoba menggapainya.

Perkembangan ini sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh seorang ibu, karena melalui perkembangan yang ditunjukkan oleh bayi ini dapat dilihat apakah bayi tersebut mengalami pertumbuhan normal atau tidak. Pertumbuhan normal artinya pertumbuhan yang sesuai dengan tahapan wajar pada bayi seusianya.

author