Mengenal dan Mengatasi Bayi Cegukan

No comment 505 views

Pernahkan Anda mendapati bayi Anda cegukan? Yap, bagi sebagian orang tua tentunya akan menjawab pernah. Cegukan merupakan suatu kontraksi yang terjadi secara tiba – tiba tanpa disengaja pada diafragma, cegukan ini umumnya akan terjadi secara berulang – ulang pada setiap menitnya. Masalah ini diakibatkan karena adanya udara yang masuk ke paru – paru secara tiba – tiba sehingga menyebabkan ruang atara pita suara (glottis) tertutup.

Cegukan pada bayi umumnya akan berhenti dengan sendirinya dalam selang waktu tertentu. Namun masalahnya, bayi yang mengalami cegukan seringkali rewel karena merasakan sesuatu yang tak normal dalam dirinya, sehingga memicu kekawatiran orang tua. Oleh sebab masalah cegukan pada bayi ini hendaknya segera diatasi. Lantas bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi?

bayi cgkan

Untuk menjawab pertanyaan diatas, berikut kami sajikan tips meredakan cegukan pada bayi secara aman.

  • Hentikan kegiatan menyusui

Jika bayi Anda mengalami cegukan ketika sedang disusui dan masalah tersebut tak segera berhenti, segera hentikan kegiatan menyusui karana hal ini dapat menyebabkan bayi muntah.

  • Ubah posisi menyusui

Salah satu penyebab bayi cegukan adalah posisi yang salah ketika seorang ibu menyusui sehingga udara yang tertelan oleh bayi terlalu banyak. oleh sebab itu merubah posisi menyusui sangat penting untuk membatasi atau mengontrol udara yang masuk ke mulut bayi.

  • Pijat pada bagian belakang bayi

Memijat secara perlahan pada punggung bayi dapat memberikan rasa rilek dan nyaman pada bayi, sehingga secara tidak langsung akan meredakan cegukan secara perlahan.

  • Bersendawa

Bersendawa sangat penting bagi bayi untuk mengeluarkan gas atau udara berlebih yang masuk ke dalam perut bayi. Selain itu bersendawa juga mampu melepaskan kejang otot pada diafragma sehingga dapat menghentikan cegukan pada bayi.

author