Mengenal Infeksi Telinga Pada Anak

No comment 570 views

Infeksi telinga pada anak merupakan salah satu penyebab umum terjadinya sakit telinga. Ini sering terjadi pada anak bahkan bayi dan kemudian dapat memengaruhi pendengarannya. Infeksi telinga biasanya terjadi pada bagian telinga tengah, disertai dengan pilek, flu, dan beragam masalah lainnya. Adalah perkara yang wajar apabila infeksi telinga tersebut disertai dengan flu karena telinga secara langsung berhubungan dengan saluran pernapasan.

Bila infeksi telinga pada anak terjadi pada buah hati Anda, tentu diperlukan penanganan yang sangat cepat. Jika tidak diobati, maka akan terjadi komplikasi masalah yang lebih serius seperti peradangan pada telinga, gangguan pendengaran, perforasi gendang telinga, meningitis, kelumpuhan syaraf, dan beragam hal buruk lainnya.

Penyebab infeksi telinga pada anak

Untuk anak-anak, penyebab paling umum dari infeksi telinga merupakan infeksi virus pernapasan bagian atas, seperti pilek atau flu. Gangguan ini bisa membuat tabung eustachian membengkak. Selain itu, terdapat juga beragam alergi. Alergi tersebut bisa berupa alergi makanan, serbuk sari, debu, bulu binatang, asap rokok, dan racun lingkungan. Bakteri yang datang dan menyebabkan infeksi telinga pada anak biasanya lewat beragam perantara dan tidak menginfeksi telinga secara langsung.

Dalam beberapa tahun terakhir, ilmuwan telah mendeteksi dan mendapatkan fakta bahwa penyebab infeksi telinga pada anak juga bisa dialami karena beragam hal berikut:

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah mengidentifikasi karakteristik kebanyakan orang mungkin menderita infeksi telinga tengah berulang:

  • Anak-anak dengan riwayat infeksi telinga pada keluarga mereka
  • Bayi yang minum susu botol dan mengalami kekurangan ASI
  • Anak-anak yang selalu berada di pusat penitipan.
  • Anak dengan kondisi lingkungan perokok, kebanyakan ayah mereka adalah perokok.
  • Anak dengan kelainan langit-langit mulut, seperti sumbing.
  • Anak dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk atau penyakit pernapasan kronis, seperti cystic fibrosis dan asma.

Infeksi telinga pada anak harus segera diatasi dan mendapatkan penanganan yang benar. Apabila tidak, maka anak akan mendapatkan beragam kondisi yang selanjutnya bisa lebih parah lagi. Semoga informasi mengenai infeksi telinga pada anak di atas dapat membantu Anda.

author