Mengenal Leukimia, Kanker Darah yang Mematikan

Leukemia atau yang juga dikenal dengan kanker darah merupakan  salah satu jenis penyakit yang dapat dikategorikan sebagai sebuah penyakit ganas atau mematikan.  Kanker ini terjadi pada darah atau sumsum tulang dan limpa yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel darah putih (leukosit) abnormal yang tidak terkendali. Sel – sel leukosit tak normal ini kemudian menggantikan sel – sel normal di dalam sum – sum tulang belakang. Selanjutnya sel darah putih ini mempengaruhi hematopoiesis atau proses pembekuan sel darah normal  sehingga dapat mengganggu sistem imun tubuh penderita.

leukimia

Leukemia sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sumber sel dan karakteristik morfologinya, yakni sebagai berikut:

  • Leukemia myeloid akut, yakni sejenis proliferasi leukosit yang tidak normal dari leukemia myeloid. Leukemia jenis ini ditandai dengan proliferasi cepat dan tak terkendali oleh sel darah abnormal dalam sum – sum tulang belakang dan mempengaruhi pertumbuhan sel darah normal.
  • Leukemia myeloid kronis, yakni berupa penyakit klon sel proliferasi pada hematopoietic. Pada leukemia jenis ini, umumnya ditandai dengan adanya pertumbuhan sel darah putih dalam jumlah yang banyak dan organ limpa mengalami pembesaran.
  • Leukemia limfoblastik akut, yakni berupa gangguan pada sel hiperplasia lymphoblastoid dan kelainan pada sel lymphoblastoid. Jenis leukemia ini dapat berkembang dengan sangat cepat dan pesat.
  • Leukemia limfositik kronis, yakni berupa tumor ganas yang dapat mempengaruhi limposit. Leukemia jenis ini ditandai dengan belum berhasilnya proses agregasi sel oleh sebagian besar limfosit sehingga menghambat menghambat hematopoietic normal pada sum – sum tulang.

Demikian sekelumit tentang leukemia dan jenis – jenisnya, jauhkan anak dan keluarga Anda dari bahaya leukemia yang mematikan dengan selalu menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

author