Mengenal Penyakit Gondongan Pada Anak

No comment 465 views

Penyakit gondongan pada anak merupakan sebuah penyakit menular dimana anak terkena infeksi oleh sebuah virus. Virus tersebut dinamakan dengan virus paramyxovrus dan menyerang kelenjar ludah di bagian antara telinga serta rahang. Gangguan tersebut menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas dan pipi bagian bawah.

Penyakit gondongan pada anak sangat rentan terjadi di usia 2 hingga 12 tahun. Penyakit ini merupakan penyakit umum yang bisa menyebar secara epidemic di seluruh dunia. Namun, pada orang dewasa Anda akan melihat fenomena yang berbeda dimana gondongan menyerang buah zakar, prostat, payudara, dan organ vital lainnya.

Tanda penyakit gondongan pada anak

  • Pada tahap awal, penyakit gondongan pada anak dimulai dengan demam, sakit kepala, nafsu makan yang berkurang, serta nyeri di bagian rahang.
  • Pada tahap selanjutnya, anak akan mengalami pembengkakan di bagian kelenjar bawah telinga. Pada awalnya, hanya terdapat pembengkakan pada satu kelanjar, namun pada tahap selanjutnya, pembengkakan meluas ke kelenjar yang lain.
  • Selain pembengkakan yang terjadi di bagian leher atas, dapat terjadi pula pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibular) serta kelenjar di bawah lidah (sublingual).

Rata-rata, sebuah pembengkakan berlangsung selama 3 hari kemudian berangsur-angsur mengempis.

Bagaimana cara mengatasi gondongan?

  • Ketika anak Anda terserang gondongan, maka aktivitas bermainnya harus dikurangi dan anak diharuskan untuk beristirahat total. Anda bisa mengajaknya membaca beragam buku menarik dalam rangka mencegah kebosanan.
  • Berikan asupan nutrisi yang cukup sehingga daya tahan tubuhnya mampu meningkat. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memberikannya madu serta sari kurma.
  • Ketika si kecil demam akibat gondokan, maka Anda bisa melumuri tubuh si kecil dengan minyak zaitun.
  • Perbanyak mengkonsumsi air hangat serta hindari beragam makanan dan minuman dingin karena akan meningkatkan keparahan gondongan yang ia derita.
  • Ketika anak belum menunjukkan tAnda-tAnda kesembuhan dengan beragam cara di atas, maka Anda diharuskan membawanya pergi ke dokter. Disana, konsultasikan juga apa sebab penyakit gondongan pada anak  serta bagaimana langkah jitu dalam mengatasinya.
author