Mengenal Penyakit Kawasaki Pada Anak

No comment 496 views

Penyakit Kawasaki adalah penyakit umum yang mempengaruhi anak-anak terutama anak prasekolah. Penyebabnya saat ini tidak diketahui, tetapi penelitian sedang dilakukan untuk mencoba dan mencari tahu. Ini mungkin merupakan respon parah dari infeksi yang menghasilkan radang serta mempengaruhi banyak pembuluh darah yang berbeda di seluruh tubuh.

Meskipun diperkirakan bahwa penyakit Kawasaki dapat disebabkan oleh infeksi, namun penyakit ini tidak mudah tertular dari dan ke orang lain. Jika seorang anak mendapat penyakit Kawasaki, sangat jarang bagi anak lain seperti kakak atau adiknya tertular penyakit ini. Penyakit Kawasaki pada anak mempunyai beragam gejala antara lain sebagai berikut.

  • Demam
  • Mata merah
  • Bibir, mulut, dan lidah yang amat merah
  • Pembengkakan atau pengelupasan pada tangan dan kaki
  • Ruam di seluruh tubuh
  • Pembengkakan di kelenjar leher
  • Anak-anak sangat mudah marah dan mungkin juga mengalami batuk, diare, nyeri sendi dan sakit leher.

Penyakit lain seperti campak dan demam berdarah memiliki gejala yang terlihat seperti penyakit Kawasaki, sehingga sangat penting untuk berkonsultasi secara pnuh kepada dokter Anda.

Penyakit Kawasaki bisa juga hadir mempengaruhi timbulnya penyakit lain. Peradangan yang disebabkan oleh penyakit Kawasaki dapat mempengaruhi jantung anak. Jika seorang anak diduga menderita penyakit ini, adalah penting bahwa anak pergi ke rumah sakit dan dilihat oleh spesialis jantung anak-anak (ahli jantung).

Risiko komplikasi jantung akibat penyakit Kawasaki dapat sangat dikurangi dengan pengobatan dini. Pengobatan utama adalah untuk memberikan imunoglobulin intravena (atau gammaglobulin) yang dibuat dari fraksi antibodi dari darah donor sehat. Immunoblobulin intravena sangat aman. Hal ini diberikan ke pembuluh darah melalui infus selama beberapa jam dan anak biasanya akan lebih baik keesokan harinya. Aspirin biasanya diberikan pada saat yang sama untuk membantu mengurangi peradangan.

Setelah anak telah pulih dari penyakit Kawasaki sangat jarang bagi mereka untuk memiliki penyakit lagi. Hanya sejumlah kecil anak-anak akan memiliki untuk kedua kalinya. Penyakit Kawasaki pada anak harus segera ditangani karena mampu memicu komplikasi berbahaya.

author