Mengenal Penyebab dan Gejala Penyakit TBC pada Balita

TBC merupakan salah satu gangguan kesehatan paru – paru yang dapat menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis ini umumnya menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Maka dari itu potensi TBC pada bayi dan balita jauh lebih besar dan berbahaya dibanding pada orang dewasa.

TBC merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah menular. Pada bayi dan balita, umumnya TBC ditularkan melalui percikan air liur dari penderita positif TBC ketika bersin atau batuk di dekatnya. Bayi atau balita yang terkena penyakit TBC umumnya ditandai dengan berbagai gejala kesehatan berikut.

tbc

Gejala TBC

  • Demam tinggi yang berkepanjangan, misalnya dapat terjadi hingga berbulan – bulan.
  • timbul rasa nyeri pada bagian dada.
  • Terjadinya batuk dan gangguan pernafasan lainnya yang tak kunjung sembuh dan kambuhan.
  • Terjadi masalah pada berat badan, meskipun asupan gizinya telah dicukupi dengan baik.
  • Diare krinis yang sulit disembuhkan dengan obat diare biasa.

Nah ketika gejala TBC seperti diatas telah nampak pada bayi atau balita Anda, sebaiknya Anda bersegera malakukan upaya pengobatan. Berkonsultasi ke dokter menjadi salah satu alternatif yang cukup bijak agar masalah ini tidak semakin bertambah parah. Biasanya dokter akan memberikan obat anti TB yang harus dikonsumsi secara rutin hingga si kecil dinyatakan sembuh. Disamping itu umumnya dokter juga akan memberikan obat untuk mencegah penyakit TBC kembali kambuh.

author