Mengenal Seribu Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Anda suka makan buah anggur? Seberapa tahukah Anda mengenai buah ini? Buah anggur tergolong sebagai salah satu buah mewah yang dalam banyak cerita dikisahkan sebagai buah hidangan para raja.

Ya tak berlebihan memang, pasalnya jenis buah yang satu ini memang memiliki cita rasa yang istimewa. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat memang mampu memikat siapapun yang mencicipinya.

Namun, tahukah Anda dibalik kenikmatan rasanya, ternyata buah anggur menyimpan seribu manfaat bagi kesehatan? Buah anggur kaya akan beragam zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari senyawa polifenol yang berguna untuk metabolism tubuh, zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas, hingga beragam jenis vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Nah untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat buah anggur bagi kesehatan, berikut kami telah merangkumnya untuk Anda.

anggur

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

  • Menyehatkan mata dan mencegahnya dari katarak. Kandungan flavonoid dalam buah anggur mampu menjaga dan menjauhkan mata dari gangguan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan, seperti misalnya katarak.
  • Menurunkan resiko serangan penyakit jantung. Mengkonsumsi anggur secara rutin mampu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh yang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah dan serangan jantung.
  • Menyehatkan saluran pencernaan. Buah anggur kaya akan serat yang mampu melancarkan system pencernaan. Selain itu kandungan zatnya mampu menetralkan asam lambung sehingga dapat menjaga kondisi saluran pencernaan tetap sehat.
  • Menurunkan kadar kolestrol jahat. Anggur kaya akan senyawa Pterostilbene yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar kolestrol jahat. Selain itu senyawa saponin yang terdapat dalam kulit anggur mampu menyerap kolestrol jkahat yang ada dalam darah.
author