Mengenal Sistem Pendidikan Homeschooling

No comment 1138 views

Apa itu sistem pendidikan homeschooling? Ini merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh orang tua dalam menyekolahkan anak mereka di rumah secara penuh. Ini adalah sebuah langkah berbeda dimana orang tua pada umumnya menyekolahkan anak mereka di sekolah umum sementara orang tua kategori homeschooling justru menyekolahkan anak di rumah. Sistem pendidikan homeschooling seperti manuai comebacknya setelah dilakukan si Amerika Serikat. Mengapa disebut dengan comeback? Tentu saja hal itu karena dahulu sekolah memang berasal dari rumah dimana orang tua mengajarkan banyak hal kepada anak sebelum benar-benar terdapat gedung resmi untuk menyekolahkan anak. Ada beberapa alasan mengapa homeschooling menjadi salah satu tujuan orang tua dan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sekolah tidak mengajarkan nilai moral secara penuh kepada anak. dipandang, sekolah belum mempunyai sistem pendidikan budi pekerti serta agama yang baik sehingga secara langsung mampu memberikan pengaruh negatif terhadap seorang anak.
  • Sekolah bukanlah lembaga pendidikan yang ideal. Di dalam sekolah, terdapat banyak elemen yang bisa membuat anak merasa stress. Tindakan teman yang membully anak, tindakan kriminalitas yang rawan terjadi, cara guru mengajar yang tidak baik, dan lain sebagainya membuat orang tua begitu khawatir apabila menyekolahkan anak ke sekolah umum.
  • Tidak setuju dengan kurikulum serta filosofi pendidikan. Orang tua lebih memilih menyekolahkan anak mereka di rumah karena memang tidak mempunyai kesepahaman terhadap beberapa elemen termasuk kurikulum, pendekatan pendidikan, dan sistem belajar. Mereka lebih suka memilihkan yang terbaik kepada anak dan homeschooling menjadi cara utama.

Sistem pendidikan homeschooling memang menuai banyak kelebihan namun juga tidak sedikit kekurangan yang ada. Berikut ada beberapa hal terkait dengan kelebihan serta kekurangan pendidikan tersebut.

Kelebihan homeschooling:

  • Sesuai dengan kebutuhan anak serta kondisi keluarga.
  • Anak lebih mempunyai peluang untuk kreatif dan mandiri secara personal yang tidak ditemukan pada sekolah umum.
  • Memaksimalkan potensi anak sejak dini karena sistem pendidikan ini tidak dibatasi oleh waktu layaknya di sekolah umum.
  • Anak lebih mampu terjun ke dunia nyata karena proses pembelajarannya yang terkait dengan kegiatan sehari-hari.
  • Biaya pendidikan mampu disesuaikan dengan kondisi orang tua

Kekurangan homeschooling:

  • Butuh komitmen tinggi dari orang tua.
  • Sosialisasi seumur yang relatif rendah.
  • Anak dirasa kurang mempunyai sikap team work, organisasi yang baik, dan kepemimpinan yang bijak.

 Itulah beberapa hal mengenai sistem pendidikan homeschooling yang semoga dapat memberikan ilmu bermanfaat kepada anda.

author