Mengetahui Detail Penyakit Campak Pada Anak

No comment 796 views

Campak, juga disebut rubeola, adalah infeksi pernafasan yang sangat menular serta disebabkan oleh virus. Hal ini menyebabkan ruam kulit tubuh total dan gejala seperti flu, termasuk demam, batuk, dan pilek. Meskipun jarang terjadi di Amerika Serikat, 20 juta kasus terjadi di seluruh dunia setiap tahun.

Karena campak disebabkan oleh virus, tidak ada pengobatan spesifik yang mampu memberikan pengobatan ampuh. Tapi anak yang sakit campak harus mendapatkan banyak cairan serta istirajat. Juga, jagalah anak anda dari kontak dengan orang banyak dalam rangka menghidari infeksi.

Gejala penyakit campak

Campak mungkin paling dikenal karena gejala ruam yang ada di seluruh tubuh, gejala pertama infeksi biasanya batuk, pilek, demam tinggi, dan mata merah. Ruam campak biasanya hadir dengan penampilan yang merah atau kemerahan. Pada tahap pertama biasanya muncul di dahi, kemudian menyebar ke atas lehar, wajah, dan tubuh.

Gejala campak akan sangat menular dan biasanya orang-orang yang belum divaksinasi akan mendapatkannya dengan mudah apabila mereka tinggal di rumah yang sama dengan orang yang terinfeksi. Campak menyebar melalui kontak langsung, air liur, serta bersin yang menyebar melalui udara.

Pencegahan

Bayi pada umunya mendapati campak setelah usia mereka menginjak 6 bulan dan biasanya diwariskan dari ibu mereka. sehingga, akan lebih baik jika divaksin pada usia dini dalam rangka mencegah campak datang ke tubuh mereka. Bagi kebanyakan anak-anak, vaksin campak merupakan bagian dari imunisasi MMR atau MMRV yang akan diberikan pada umur 12 hingga 15 bulan. Serta kemudian akan diberikan lagi pada usia 4 hingga 6 tahun.

Vaksin campak biasanya tidak diberikan kepada bayi berusia di bawah 12 bulan. Tetapi jika ada wabah campak, atau seorang anak akan bepergian keluar, vaksin dapat diberikan ketika seorang anak 6-11 bulan, diikuti oleh imunisasi MMR biasa pada 12-15 bulan dan 4-6 tahun. Seperti dengan semua jadwal imunisasi, ada pengecualian penting dan keadaan khusus. Dokter Anda akan memiliki informasi terbaru mengenai rekomendasi tentang imunisasi untuk menghndari penyakit campak pada anak.

author