Mengetahui Lebih Jauh Mengenai Cacar Air pada Bayi

Cacar air pada bayi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster dan rata-rata menyerang bayi dengan usia Sembilan bulan ke atas. Juga, cacar air banyak ditemukan pada orang dewasa. Gejala cacar air pada bayi yang terlihat antara lain adalah demam, pilek, lesu, dan nyeri sendi pada kasus cacar air yang sudah parah. Setelah demam yang diderita oleh seseorang atau anak bayi turun, maka akan timbul sebuah bintil-bintil yang menyerang permukaan kulit. Bintil tersebut diketahui dengan nama vesikel dan mempunyai dinding tipis serta berisi cairan. Kemunculan bintil ini juga disertai dengan rasa gatal yang begitu luar biasa dan tentu saja sangat menyakitkan bagi seorang bayi.

Bintil yang satu ini mempunyai masa penularan penyakit pada 2 hingga 3 hari sejak muncul bintil pertama, dan kemudian 6 hingga 7 hari sejak muncul bintil yang terakhir. Agar bayi tidak menularkan cacar air yang ia derita, maka jangan biarkan bayi didekati oleh banyak orang terkecuali anda sendiri sebagai orang tuanya.

Pada umumnya, cacar air yang menyerang anak bayi merupakan sebuah cacar air yang mampu sembuh sendiri dan tergolong ringan. Anda perlu mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya agar penyakit ini mampu ditangani dengan baik. Tentu saja, penyebab terbesar dari penyakit ini merupakan virus dan untuk mencegah virus tersebut mneyebar, maka bayi harus ditingkatkan daya tahan tubuhnya. Seiring dengan peningkatan daya tahan tubuh dari hari ke hari, maka virus cacar akan akan mampu hilang sehingga kesehatan bayi dapat normal kembali.

Anak yang terkena cacar air sebaiknya banyak istirahat dan makanan bergizi sangat dibutuhkan agar tubuh dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan melawan virus. Jika bintil-bintil terasa gatal, baluri tubuh anak dengan bedak yang mengandung menthol agar anak merasa lebih nyaman. Anda juga bisa memberikan es krim untuk anak terutama jika bintil-bintil menyerang di sekitar bibir dan membuat anak enggan makan.

Itulah mengenai hal yang bisa anda ketahui dari cacar air pada bayi serta bagaimana cara mengatasinya.

author